Jumat 18 Maret 2022, 10:07 WIB

Rusia Mulai Terganggu Logistik dan Kehancuran Ukraina

Cahya Mulyana | Internasional
Rusia Mulai Terganggu Logistik dan Kehancuran Ukraina

AFP
Ilustrasi: Petugas kepolisian membawa pagar pembatas di sekitar Manezhnaya Square kawasan pusat Moskow, Rusia.

 

Laporan terbaru menunjukan perubahan strategi yang dilakukan Rusia. Pasukan Moskow teralihkan dari sasaran yakni menyerang Kyiv menjadi pengawalan logistik.

"Sejumlah besar pasukan untuk mempertahankan jalur pasokannya daripada melanjutkan serangannya di Ukraina," kata Analis Intelijen Pertahanan Inggris.

Laporan intelijen terbaru Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan masalah logistik terus melanda pasukan Rusia. Kemudian sekitar 130 orang telah diselamatkan sejauh ini dari ruang bawah tanah gedung teater yang terkena serangan udara Rusia di kota Mariupol, Ukraina bagian selatan.

Sekitar 30.000 orang sipil telah meninggalkan kota Mariupol dengan 80% perumahan hancur dan sekitar 350.000 orang bersembunyi di tempat penampungan dan ruang bawah tanah.

Lebih dari 20 orang tewas dan 25 terluka ketika serangan udara Rusia menghancurkan sebuah sekolah dan pusat komunitas di Merefa, dekat kota Kharkiv, di timur laut Ukraina. Serangan itu terjadi pada pukul 3.30 pagi waktu setempat pada Kamis, (17/3) kata pihak kejaksaan Kharkiv, dengan 10 orang berada dalam kondisi kritis, katanya.

Departemen Luar Negeri AS mengkonfirmasi bahwa seorang warga negaranya tewas di Ukraina oleh serdadu Rusia di kota Chernihiv, Ukraina utara. Kemudian lebih dari 50 orang Ukraina meregang nyawa. (The Guardian/OL-12)

Baca Juga

AFP/GIORGIO VIERA

Republik Bela Trump yang Rumahnya Digeledah FBI

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 16:34 WIB
Politikus Partai Republik di DPR AS Kevin McCarthy mengatakan Departemen Kehakiman yang dipimpin Jaksa Agung Merrick Garland...
AFP

Tiongkok Rilis Buku Putih, Peringatkan Tidak akan Tolerir Separatis di Taiwan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 15:45 WIB
Dokumen tersebut menguraikan bagaimana Tiongkok bermaksud untuk mengklaim Wilayah Taiwan melalui berbagai insentif ekonomi dan tekanan...
ANTARA/Nova Wahyudi

Larangan UE Impor Batu Bara Rusia Mulai Berlaku

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:51 WIB
Negara-negara anggota Uni Eropa (UE) tidak akan diizinkan untuk mengimpor batubara lagi dari Rusia setelah masa transisi embargo blok...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya