Selasa 15 Maret 2022, 09:45 WIB

Obati Ketakutan Invasi, Taiwan Gelar Latihan Militer

Cahya Mulyana | Internasional
Obati Ketakutan Invasi, Taiwan Gelar Latihan Militer

Sam Yeh / AFP
Latihan Militer di Taoyuan.

 

Ratusan tentara cadangan Taiwan melakukan latihan pada Senin, (14/3) usai mengetahui ganasnya invasi yang dilakukan Rusia di Ukraina. Taiwan mengambil pelajaran tersebut karena berada dalam ancaman serupa dari Tiongkok dengan dalih persatuan.

Tiongkok menganggap Taiwan berada dalam wilayah kedaulatannya. Sementara Taiwan menganggap sebaliknya, sebagai negara yang berdaulat.

Sekitar 400 personel ambil bagian dalam latihan untuk meningkatkan kesiapan tempur mereka. Program ini mengutamakan strategi mempertahankan ibu kota negara Taiwan, Taipei.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen melihat secara langsung pelatihan ini. "Situasi baru-baru ini di Ukraina sekali lagi membuktikan bahwa perlindungan negara, selain solidaritas dan bantuan internasional, bergantung pada persatuan rakyat," katanya.

Mayor Jenderal Chen Chung-chi yang menjabat Direktur Komando Angkatan Darat Taiwan menekankan pentingnya pasukan cadangan selain pasukan utama. "Keamanan seluruh negara tidak hanya bergantung pada tentara," katanya kepada AFP.

Tekanan Tiongkok terus menggempur Taiwan melalui sejumlah manuver seperti pelanggaran zona pertahanan udara Taiwan.

Pada hari Senin, (14/3), Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan melaporkan sebanyak 13 pesawat tempur Tiongkok memasuki zona pertahanan udara Taiwan, jumlah serangan terbesar di bulan ini. Tekanan terbesar dialami Taiwan pada 4 Oktober ketika 56 pesawat tempur Tiongkok memasuki wilayah Taiwan. (AFP/Cah)

Baca Juga

AFP/TOM HARRISON

Royal Mint Inggris Ungkap Potret Koin Raja Charles III

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 30 September 2022, 14:08 WIB
Royal Mint Inggris pada hari Jumat meluncurkan patung resmi Raja Charles III yang akan muncul di koin setelah aksesi ke...
AFP/ Sean Rayford

Ribuan Orang Terjebak Banjir saat Badai Ian Menghantam Florida

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 30 September 2022, 14:05 WIB
Ribuan warga Florida yang terperangkap di tengah rumah-rumah yang terendam...
AFP/Oliver Contreras

Biden Tegaskan tidak akan Pernah Akui Aneksasi Ukraina oleh Rusia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 09:57 WIB
"Kehendak sebeneranya dari warga Ukraina terlihat jelas setiap hari saat mereka mengorbankan jiwa raga untuk mempertahankan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya