Jumat 04 Maret 2022, 21:25 WIB

Siapakah Pelaku Penembakan Jemaah Salat Jumat Masjid Syiah Pakistan?

Mediaindonesia.com | Internasional
Siapakah Pelaku Penembakan Jemaah Salat Jumat Masjid Syiah Pakistan?

AFP/Abdul Majeed.
Warga berduka atas kematian kerabat mereka di luar rumah sakit menyusul ledakan bom di suatu masjid, Peshawar, 4 Maret 2022.

 

SERANGAN bunuh diri terjadi pada Jumat (4/3) di masjid Syiah, kota Peshawar, Pakistan barat laut. Seorang juru bicara kantor Perdana Menteri Imran Khan mengatakan dia sangat mengutuk serangan itu.

Kepala polisi Peshawar Muhammad Ijaz Khan mengatakan kepada AFP bahwa dua petugas polisi ditembak di pintu masuk masjid. "Satu polisi tewas di tempat, sementara yang lain luka parah," katanya.

Tidak ada kelompok yang segera mengaku bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri itu. Peshawar hanya 50 kilometer dari perbatasan dengan Afghanistan. 

Daerah itu sering menjadi sasaran gerilyawan pada awal 2010-an tetapi keamanan telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Mayoritas Suni Pakistan baru-baru ini berjuang melawan kebangkitan cabang domestik Taliban, Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP).

Gencatan senjata satu bulan tahun lalu gagal untuk diadakan dan ada kekhawatiran TTP--yang telah menargetkan Muslim Syiah di masa lalu--telah dikuatkan oleh keberhasilan Taliban Afghanistan. Syiah di wilayah tersebut juga menjadi sasaran iterasi regional dari kelompok ISIS Khorasan (ISK).

Baca juga: Seorang Pelaku Tembaki Jemaah Salat Jumat Masjid Syiah di Pakistan

Setidaknya 31 orang tewas dalam ledakan bunuh diri di pasar yang ramai di Peshawar pada 2018. Sedikitnya 88 orang tewas dan ratusan lain terluka setahun sebelumnya ketika seorang pengebom bunuh diri meledakkan dirinya di antara kerumunan umat di suatu kuil Sufi yang dihormati di provinsi Sindh selatan. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Mahmut BOZARSLAN / AFPTV / AFP

Gempa Kuat Guncang Turki, Sedikitnya 53 Orang Tewas

👤Adiyanto 🕔Senin 06 Februari 2023, 12:05 WIB
jumlah korban kemungkinan bertambah karena parahnya tingkat...
Sergei SUPINSKY / AFP

Diduga Korupsi, Menhan Ukraina Segera Dicopot

👤 Cahya Mulyana 🕔Senin 06 Februari 2023, 12:04 WIB
Ukraina akan mengganti Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov dengan Kepala Badan Mata-mata Militer Kyrylo...
dok.AFP

Perang di Ukraina Pertontonkan Kemunafikan Barat

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 Februari 2023, 10:10 WIB
PEMERINTAH Rusia menilai KTT Uni Eropa-Ukraina menegaskan bahwa dukungan 27 anggota blok Eropa terhadap Kyiv memperlihatkan kemunafikan Uni...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya