Jumat 04 Maret 2022, 11:08 WIB

Bank yang Didukung Tiongkok Hentikan Pinjaman ke Rusia dan Belarus

 Nur Aivanni | Internasional
Bank yang Didukung Tiongkok Hentikan Pinjaman ke Rusia dan Belarus

Foto/Wikipedia
Gedung Kantor Pusat Asian Infrastructure Investment Bank di Beijing, Tiongkok.

 

ASIAN Infrastructure Investment Bank (AIIB) yang didukung Tiongkok mengatakan akan menangguhkan bisnis yang terkait dengan Rusia dan Belarus, yang telah terkena sanksi internasional besar-besaran atas perang Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Kamis, AIIB mengatakan bahwa demi kepentingan terbaik bank, manajemen telah memutuskan bahwa semua kegiatan yang berkaitan dengan Rusia dan Belarus ditangguhkan dan sedang ditinjau.

Bank menambahkan bahwa pihaknya secara aktif memantau situasi di Ukraina dan manajemen akan melakukan yang terbaik untuk menjaga integritas keuangan AIIB.

Lembaga keuangan multilateral, gagasan Presiden Tiongkok Xi Jinping, diluncurkan pada 2016 untuk melawan dominasi Barat atas Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional.

Baca juga: Uni Eropa Setuju Beri Perlindungan kepada Pengungsi Ukraina

Rusia adalah salah satu anggota pendiri AIIB dan memegang sekitar enam persen suara dalam operasinya. Negara itu juga memiliki kursi di dewan direksi bank.

Rusia adalah pemangku kepentingan terbesar ketiga di belakang Tiongkok - yang memegang hampir 27% hak suara - dan India.

Pengungkapan di situs web AIIB menunjukkan sejauh ini telah menyetujui dua proyek Rusia dengan pembiayaan $800 juta. Hanya sebagian kecil dari portofolio pinjamannya ada di Rusia.

Dua proyek untuk Belarus juga telah diusulkan, di bidang kesehatan masyarakat dan transportasi.

"AIIB siap untuk memberikan pembiayaan secara fleksibel dan cepat dan mendukung anggota yang terkena dampak buruk perang," kata bank tersebut, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Sementara Rusia dan Belarus adalah anggota bank, Ukraina tidak.

New Development Bank yang berbasis di Shanghai, didirikan sekitar waktu yang sama dan untuk alasan yang sama dengan AIIB, juga mengatakan telah menangguhkan transaksi baru di Rusia. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

Alexey DRUZHININ / SPUTNIK / AFP

Presiden Jokowi akan Bertemu Zelensky dan Putin, HMI: Langkah Sangat Tepat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:22 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan dua pemimpin negara yang sedang berperang, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan...
AFP

Hadapi Krisis Global, PBB Siapkan Dana Rp311 Miliar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:22 WIB
Di tengah ancaman krisis pangan hingga keuangan, 70 negara telah mengajukan proposal bantuan kepada PBB, dengan 69 negara di antaranya...
Eva Marie UZCATEGUI / AFP

NASA tunjuk 3 Perusahaan untuk Desain Sistem Tenaga Nuklir di Bulan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 15:00 WIB
Ketiga perusahaan tersebut antara lain Lockheed Martin dari Maryland, Westinghouse dari Cranberry Township, Pennsylvania serta IX dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya