Minggu 27 Februari 2022, 14:44 WIB

Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal Balistik

Nur Aivanni | Internasional
Korea Utara Kembali Tembakkan Rudal Balistik

Jung Yeon-je / AFP
Warga menonton monitor televisi di stasion kereta di Seoul, Korea Selatan, yang menunjukkan rudal balistik dari Korea Utara, Minggu (27/2).

 

KOREA Selatan mengatakan bahwa Korea Utara menembakkan rudal balistik pada Minggu (27/2). Peluncuran tersebut adalah yang kedelapan di Pyongyang sepanjang tahun ini.

Analis telah secara luas memperkirakan Pyongyang akan berusaha memanfaatkan gangguan AS atas invasi Rusia ke Ukraina dengan uji coba baru.

Militer Korea Selatan, pada Minggu (27/2), mengatakan telah mendeteksi rudal balistik yang ditembakkan ke arah Laut Jepang pada pukul 07.52 waktu setempat dari Pyongyang.

Baca juga: Pasukan Rusia Diperintahkan Maju ke Ukraina dari Segala Arah

"Rudal balistik terbaru memiliki jangkauan sekitar 300 kilometer dan ketinggian sekitar 620 kilometer," tambahnya. Jepang juga mengonfirmasi peluncuran tersebut.

Gedung Biru, istana kepresidenan Korea Selatan, menyatakan keprihatinan yang mendalam dan penyesalan yang mendalam serta mengkritik waktunya ketika dunia melakukan upaya untuk menyelesaikan perang Ukraina.

Di sisi lain, kata seorang peneliti Institut Penelitian Korea untuk Strategi Nasional Shin Beom-chul, Pyongyang mengambil kesempatan untuk melakukan uji coba senjata, sementara kepentingan AS bergeser ke Eropa atas krisis Ukraina dan Dewan Keamanan PBB tidak dapat berfungsi.

"Korea Utara melihat ini sebagai saat yang tepat untuk melanjutkan pengembangan senjata yang diperlukan dan untuk memperkuat persenjataan nuklirnya," tambahnya. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP

Hadapi Krisis Global, PBB Siapkan Dana Rp311 Miliar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:22 WIB
Di tengah ancaman krisis pangan hingga keuangan, 70 negara telah mengajukan proposal bantuan kepada PBB, dengan 69 negara di antaranya...
Eva Marie UZCATEGUI / AFP

NASA tunjuk 3 Perusahaan untuk Desain Sistem Tenaga Nuklir di Bulan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 15:00 WIB
Ketiga perusahaan tersebut antara lain Lockheed Martin dari Maryland, Westinghouse dari Cranberry Township, Pennsylvania serta IX dari...
AFP/Bryan R. Smith

DPR AS Setujui UU Pembatasan Senjata Api

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 09:47 WIB
UU yang menunggu ditandangani Biden ini telah mengatur sejumlah syarat kepemilikan senjata. Misalnya terdapat pemeriksaan riwayat kriminal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya