Kamis 03 Februari 2022, 11:59 WIB

NASA Tunda Luncurkan Roket Artemis

Mediaindonesia.com | Internasional
NASA Tunda Luncurkan Roket Artemis

Aubrey GEMIGNANI / NASA / AFP
Ilustrasi

 

Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, menunda setidaknya selama sebulan untuk peluncuran roket Artemis satu ke bulan.

NASA, dikutip dari Reuters, Kamis (3/2), berencana meluncurkan roket nirawak tersebut bulan ini. Mereka belum memberikan tanggal terbaru peluncuran, namun, memastikan akan ada penerbangan sebelum bulan April.

Penundaan ini disebabkan kendala peluncuran roket Artemis 1, yang memiliki sistem kompleks. Pejabat NASA mengatakan tidak ada masalah teknis yang spesifik terkait roket tersebut.

Selain itu, kenaikan kasus Covid-19 varian Omikron memperlambat pekerjaan mereka sehingga harus menunda peluncuran roket.

Penundaan ini juga akan berdampak pada gabungan roket Space Launch System (SLS) dan kapsul awak Orion yang akan dikirim dalam program Artemis ini.

Roket ini bertujuan penerbangan pergi-pulang manusia ke bulan, dalam jangka panjang untuk membangun koloni sebagai persiapan mengirim astronot ke Mars.

NASA harus melewati beberapa tahapan sebelum sampai ke target tersebut, diawali dengan sukses menerbangkan SLS dan Orion, yang sekarang dalam tahap persiapan pra-peluncuran.

Berkaitan dengan jadwal terbaru, SLS dan Orion akan diangkut ke area peluncuran Launch Pad 39-B di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida pada pertengahan Maret.

Teknisi akan butuh sekitar dua minggu untuk persiapan peluncuran tersebut. Setelah itu, Orion akan dibawa keembali ke tempat perakitan untuk pengecekan terakhir.

NASA mengatakan sedang meninjau jadwal peluncuran antara April dan Mei, tapi, bisa juga meleset karena bregantung pada gladi bersih. (Ant/OL-12)

 

Baca Juga

AFP/TOM HARRISON

Royal Mint Inggris Ungkap Potret Koin Raja Charles III

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 30 September 2022, 14:08 WIB
Royal Mint Inggris pada hari Jumat meluncurkan patung resmi Raja Charles III yang akan muncul di koin setelah aksesi ke...
AFP/ Sean Rayford

Ribuan Orang Terjebak Banjir saat Badai Ian Menghantam Florida

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 30 September 2022, 14:05 WIB
Ribuan warga Florida yang terperangkap di tengah rumah-rumah yang terendam...
AFP/Oliver Contreras

Biden Tegaskan tidak akan Pernah Akui Aneksasi Ukraina oleh Rusia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 09:57 WIB
"Kehendak sebeneranya dari warga Ukraina terlihat jelas setiap hari saat mereka mengorbankan jiwa raga untuk mempertahankan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya