Selasa 01 Februari 2022, 12:53 WIB

Menlu AS dan Presiden Abbas bahas reformasi Otoritas Palestina

Mediaindonesia.com | Internasional
Menlu AS dan Presiden Abbas bahas reformasi Otoritas Palestina

AFP/Brendan Smialowski
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken.

 

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken membahas perlunya reformasi Otoritas Palestina (PA) dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Mahmoud Abbas pada Senin (31/1), guna memperkuat hubungan bilateral.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken berbicara dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas melalui telepon pada Senin (31/1) dan menyampaikan pandangan kepada Abbas bahwa Otoritas Palestina (PA) perlu melakukan reformasi, kata Deplu AS.

Pembicaraan itu, menurut Deplu, merupakan salah satu upaya berikutnya untuk memperkuat hubungan bilateral.
 
Saat memberikan keterangan kepada wartawan pada Senin, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price tidak menyinggung masalah upah tahanan tetapi mengatakan Blinken dan Abbas membahas "perlunya reformasi di dalam Otoritas Palestina."

Keduanya juga membahas "kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup rakyat Palestina dengan cara yang nyata," kata Price.

Presiden AS Joe Biden berusaha memperbaiki hubungan yang melemah ketika pendahulunya, Donald Trump, memangkas bantuan bagi warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza, yang diduduki Israel, serta menutup konsulat AS untuk  Palestina di Yerusalem.

Pemerintahan Biden telah memulihkan bantuan dan berjanji untuk membuka kembali konsulat walaupun Israel keberatan.

Sementara itu, Biden juga mendesak Abbas untuk mengubah beberapa kebijakan, termasuk pembayaran yang dilakukan otoritas pemerintahannya sendiri kepada orang-orang Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

Dalam pernyataan tentang pembicaraan telepon dengan Blinken, kantor Abbas tidak menyebutkan diskusi tentang reformasi PA.

PA menjalankan pemerintahan sendiri secara terbatas di wilayah Tepi Barat, yang direbut Israel dalam perang Timur Tengah 1967.

Abbas mengatakan kepada Blinken bahwa Israel harus "menghentikan perlakuan keji terhadap tahanan dan ... pemotongan pajak."

Israel pada 2018 mulai mengurangi angka tunjangan bagi tahanan dari pajak yang dikumpulkannya atas nama PA, dan ditransfer ke sana setiap bulan.

Israel dan AS mengatakan bahwa tunjangan, yang dibagikan setiap bulan kepada para tahanan, kerabat mereka, dan keluarga kalangan warga Palestina yang terbunuh karena diduga melakukan serangan, justru mendorong kekerasan lebih lanjut.

Palestina, sementara itu, memperlakukan tunjangan tersebut sebagai bentuk kesejahteraan bagi narapidana dan keluarga yang mereka anggap sebagai pahlawan nasional.

Blinken juga berbicara dengan Menlu Israel Yair Lapid, kata Price dalam sebuah pernyataan. Kedua menlu membahas masalah Ukraina, Iran, dan Israel-Palestina.

Blinken menegaskan kembali komitmen pemerintahan Biden bagi keamanan Israel. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Tentara Israel Bunuh Anggota Jihad Islam dalam Bentrokan Jenin

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 20:36 WIB
Tentara Israel mengatakan mereka melakukan kegiatan kontraterorisme semalam di beberapa lokasi Tepi Barat. Di Jenin, orang-orang bersenjata...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Iriana Jokowi Serahkan Bantuan kepada Rumah Sakit di Kyiv

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:24 WIB
"Semoga peperangan ini segera berakhir karena sangat merinding saya melihatnya,"...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Melihat langsung Dampak Perang, Raut Sedih Presiden Tergambar di Irpin

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 29 Juni 2022, 18:19 WIB
"Sangat menyedihkan sekali melihat banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak,” ucap Presiden...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya