Minggu 30 Januari 2022, 17:55 WIB

Presiden Israel Lakukan Kunjungan Pertama ke UEA

Mediaindonesia.com | Internasional
Presiden Israel Lakukan Kunjungan Pertama ke UEA

AFP/GPO.
Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Sheikh Abdullah bin Zayed Al-Nahyan (kedua kanan) bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog.

 

PRESIDEN Israel Isaac Herzog tiba di Uni Emirat Arab pada Minggu (30/1) dalam perjalanan diplomatik tingkat tinggi terbaru sejak negara-negara tersebut menormalkan hubungan. Herzog, yang bepergian dengan ibu negara, dijadwalkan bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nahyan dan Menteri Luar Negeri Sheikh Abdullah bin Zayed Al-Nahyan.

"Sekarang terbang bersama istri saya Michal untuk kunjungan bersejarah di Uni Emirat Arab, yang melambangkan perdamaian antar negara," cuitnya sebelum berangkat ke Abu Dhabi. Herzog juga akan duduk dengan perdana menteri UEA dan penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum, dan mengunjungi Expo 2020 Dubai.

Kunjungan itu dilakukan sekitar 16 bulan setelah negara Teluk yang kaya itu menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. UEA menjadi negara Arab ketiga yang melakukan normalisasi hubungan setelah Mesir dan Yordania.

Duta Besar Emirat di Israel, Mohamed Al Khaja, men-tweet pada Sabtu bahwa perjalanan itu sebelumnya dijadwalkan pada 9 Januari tetapi ditunda karena kondisi covid-19. "Kami menantikan kunjungan bersejarah ini yang akan meningkatkan hubungan bilateral karena kami bertujuan menandatangani perjanjian ekonomi dan perdagangan penting antara kedua negara dalam waktu dekat," tambahnya.

Kesepakatan normalisasi UEA-Israel merupakan bagian dari serangkaian perjanjian yang ditengahi AS yang dikenal sebagai Kesepakatan Abraham, pakta yang telah membuat marah Palestina. Kesepakatan itu melanggar konsensus Liga Arab selama beberapa dekade yang menentang pengakuan Israel sampai mereka menandatangani perjanjian damai untuk mendirikan negara Palestina dengan ibu kota di Jerusalem timur.

Perdana Menteri Naftali Bennett membuat sejarah bulan lalu ketika ia menjadi kepala pemerintahan Israel pertama yang mengunjungi UEA. Perjalanan itu sebagian berfokus pada pembicaraan internasional tentang program nuklir Iran sebagai prioritas keamanan utama Israel.

Herzog, yang posisinya sebagian besar seremonial, ialah kepala negara Israel pertama yang secara resmi mengunjungi UEA. Kesepakatan Abraham dinegosiasikan di bawah mantan presiden AS Donald Trump tetapi didukung oleh pemerintahan Presiden Joe Biden.

Baca juga: Pengacara Israel dan Kelompok Hak Asasi Hongaria Ancam Tuntut Pegasus

Bahrain dan Maroko juga telah menormalkan hubungan dengan Israel di bawah perjanjian. Sudan telah setuju untuk melakukannya tetapi hubungan diplomatik formal belum muncul di tengah meningkatnya ketidakstabilan di Khartoum. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist/Qnet

FinGreen, Program Literasi Keuangan untuk Berdayakan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 17:44 WIB
Turki dan Nigeria dijadikan tempat percontohan dimulainya FinFreen, dan memiliki rencana untuk menerapkan FinFreen di beberapa tempat...
AFP

AS Kembali Kucurkan Bantuan untuk Ukraina, Nilainya CapaiĀ US$12 Miliar

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 27 September 2022, 15:41 WIB
Selain menyangkut kekuatan militer, bantuan tersebut juga bertujuan mengatasi kebutuhan warga sipil Ukraina di tengah gempuran invasi...
ANTARA/BPMI Sekretariat Wakil Presiden

Ma'ruf Amin berikan Penghormatan Terakhir untuk Shinzo Abe

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 27 September 2022, 14:51 WIB
Prosesi diawali dengan pemberian sambutan dari Wakil Ketua Panitia Pelayanan Pemakaman dan dilanjutkan dengan pengumandangan lagu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya