Kamis 20 Januari 2022, 11:08 WIB

Tiongkok Inginkan Olimpiade Musim Dingin Dijauhkan dari Muatan Politis

Mediaindonesia.com | Internasional
Tiongkok Inginkan Olimpiade Musim Dingin Dijauhkan dari Muatan Politis

AFP/Noel Celis
Ilustrasi

 

Otoritas Tiongkok menginginkan penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin (Winter Olympic) Beijing 2022 dijauhkan dari hal-hal yang berbau politis.

Panitia penyelenggara telah mengingatkan agar para atlet asing tidak melanggar hukum selama ajang tersebut berlangsung.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok (MFA) Zhao Lijian mengatakan bahwa Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah mengeluarkan larangan protes-protes berbau politis.

"Sepanjang yang saya ketahui, (IOC) meminta para atlet Olimpiade tidak melakukan protes di podium atau di tempat mana pun dengan cara berlutut atau bentuk lain," katanya di Beijing pada Rabu (19/1).

Ia juga berharap media tertentu tidak menggunakan hal-hal di luar konteks Olimpiade untuk mendiskreditkan Tiongkok. "Saya ingin menegaskan kembali bahwa Tiongkok menyambut kedatangan semua atlet dengan nyaman dan aman. Kami optimistis Olimpiade akan berjalan lancar, aman, dan semarak," ujar Zhao.

Olimpiade Musim Dingin yang bakal dibuka pada 4 Februari diwarnai dengan aksi boikot diplomatik oleh Amerika Serikat dan beberapa negara kontestan lainnya.

Boikot diplomatik tersebut terkait dengan dugaan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan otoritas Tiongkok terhadap etnis minoritas Muslim Uighur di Daerah Otonomi Xinjiang.

Tiongkok mengakui yakin bahwa boikot diplomatik tersebut tidak mengganggu pelaksanaan pesta olahraga musim dingin empat tahunan tersebut.

Olimpiade yang digelar di Beijing dan Zhangjiakou, Provinsi Hebei itu mengadopsi sistem kawasan tertutup sebagai bagian dari protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Penonton pun ditentukan berdasarkan seleksi ketat. Media peliput juga dibagi dalam beberapa kategori, baik di dalam lingkungan tertutup maupun di luar. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP

Zelenskyy Ingin Bertemu Putin agar Perang Berakhir

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 19:31 WIB
Zelenskyy mengungkapkan sejumlah cara telah dilakukan Ukraina untuk menghentikan agresi Rusia. Pihaknya tidak pernah absen membawa tawaran...
SERGEY BOBOK / AFP

Jika Krisis Pangan Meluas, Zelenskyy: Salahkan Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 18:23 WIB
Ia mengatakan dampak serangan Rusia yang belum berhenti sejak 24 Februari 2022 telah menghancurkan pasokan perdagangan...
Matt Dunham / POOL / AFP

Zelenskyy Harap G20 Hentikan Agresi Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 18:13 WIB
Namun Zelenskyy mengaku tidak bisa hadir ke forum tersebut secara langsung. Sebagai presiden dan panglima tertinggi harus tetap berada di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya