Minggu 09 Januari 2022, 07:49 WIB

Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Afghanistan

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Afghanistan

MI/Adam Dwi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

 

INDONESIA mengirim dua pesawat berisi bantuan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan pada Minggu (9/1). Kedua pesawat tersebut diberangkatkan dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pukul 02.00 WIB dini hari.

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, bantuan kemanusiaan ini merupakan tambahan dari bantuan kemanusiaan dan bantuan kerjasama pembangunan yang telah dijanjikan oleh Indonesia atau telah dikomitmenkan oleh Indonesia sebelumnya,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam sambutannya.

“Bantuan kemanusiaan ini berisi kebutuhan makanan dan nutrisi yang diperlukan oleh rakyat Afghanistan saat ini,” imbuhnya.

Retno menjelaskan, dalam mempersiapkan bantuan kemanusiaan ini, Indonesia terus melakukan koordinasi dengan Badan-badan PBB yang berada di lapangan, khususnya World Food Programme (WFP). Bantuan kemanusiaan ini juga akan disalurkan bekerja sama dengan WFP dan akan disupervisi oleh misi Indonesia di Kabul.

“Bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan ini diberikan sebagai respon terhadap situasi kemanusiaan yang semakin memburuk di Afghanistan,” tuturnya.

Sebanyak 23 juta penduduk terancam kelaparan, jumlah ini melebihi setengah penduduk Afghanistan. Lebih dari tiga juta anak-anak Afghanistan juga terancam malnutrisi.

WFP mengatakan Afghanistan menjadi krisis kemanusiaan terbesar di dunia.

“Tanpa dukungan masyarakat internasional, situasi kemanusiaan di Afghanistan akan semakin berat dan diperkirakan akan dapat berdampak pada stabilitas Afghanistan secara keseluruhan,” terang Retno.

“Indonesia terus berupaya memperkuat dan berkontribusi dalam diplomasi kemanusiaan. Buat Indonesia, keamanan dan kesejahteraan rakyat akan selalu menjadi prioritas,” imbuhnya.

Retno menambahkan, masing-masing pesawat akan dikawal oleh diplomat, tim medis dan tim pengamanan.

Bantuan pendidikan dan pemberdayaan perempuan
Selain bantuan kemanusiaan jangka pendek, Indonesia juga tengah mempersiapkan bantuan jangka panjang antara lain pendidikan dan pemberian kapasitas terutama untuk kaum perempuan Afghanistan.

“Di dalam pertemuan OKI di Islamabad, Indonesia kembali menegaskan pentingnya penghormatan hak-hak dan pemberdayaan perempuan di Afghanistan,” ucapnya.

Dalam waktu dekat, pembahasan lebih dalam mengenai kerja sama pendidikan dan pemberdayaan perempuan di Afghanistan akan saya bahas dengan Qatar dan wakil dari Afghanistan.

“Indonesia ingin melihat rakyat Afghanistan, termasuk kaum perempuan Afghanistan dapat hidup damai, stabil dan sejahtera,” lanjutnya.

Tak lupa, Retno juga mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada Garuda Indonesia dan seluruh pihak yang telah bekerja sama dan berkontribusi sehingga pelaksanaan pengiriman bantuan kemanusiaan ini dapat dilakukan.

“Semoga bantuan dan misi kemanusiaan Indonesia untuk rakyat Afghanistan dapat berjalan dengan lancar dan tim kembali pulang dengan selamat,” tandasnya. (OL-12)

Baca Juga

AFP.

Gempa Berkekuatan 7,2 SR Guncang Peru Selatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:25 WIB
Gempa terjadi pada pukul 07.02 waktu setempat pada kedalaman 218 kilometer, menurut USGS. Pusat Seismologi Nasional Peru mengatakan gempa...
AFP/Fabrice Coffrini.

Iran Sebut Zionis Kontrol Kebijakan AS terkait Kesepakatan Nuklir

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:55 WIB
Israel telah membuatnya seolah-olah mempertahankan IRGC dalam daftar itu penting untuk masa depan pembicaraan Iran, tetapi tidak demikian,...
AFP/Hazem Bader.

Investigasi CNN Perkuat Klaim Tentara Israel Bunuh Jurnalis Al Jazeera

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:01 WIB
Pada saat-saat berikutnya, seorang pria berkaus putih mencoba beberapa kali untuk memindahkan Abu Akleh, tetapi dipaksa mundur berulang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya