Selasa 04 Januari 2022, 21:12 WIB

Perjalanan Andrew dari Pangeran Inggris yang Playboy menjadi Paria

Mediaindonesia.com | Internasional
Perjalanan Andrew dari Pangeran Inggris yang Playboy menjadi Paria

AFP/Steve Parsons.
Pangeran Andrew.

 

SAAT melawan klaim penyerangan seksual, Pangeran Andrew dari Inggris, putra kedua Ratu Elizabeth II, telah menjadi pertapa virtual. Ia bersembunyi di perkebunan kerajaan tanpa peran publik.

Anggota kerajaan yang dulu populer itu kini reputasinya tercabik-cabik oleh tuduhan seks terkait persahabatannya dengan mendiang pemodal AS, Jeffrey Epstein. Autopsi menyimpulkan bahwa multijutawan itu bunuh diri di penjara pada 2019 sambil menunggu persidangan atas tuduhan perdagangan seks.

Andrew--yang pernah dijuluki putra kesayangan Ratu dan pewaris takhta kesembilan--mempertaruhkan juri AS yang memeriksa klaim perdata dari Virginia Giuffre, seorang warga Amerika yang menuduh Epstein meminjamkannya kepada teman-temannya dan memaksanya untuk berhubungan seks dengan sang pangeran sebagai anak di bawah umur 17 tahun.

Sang pangeran telah membantah bertemu Giuffre dan menyatakan foto yang tampaknya menunjukkan dia dengan lengannya di sekitar perut telanjang perempuan itu telah direkayasa. Dia menolak permintaan untuk bertemu dengan penyelidik AS.

Anggota Kerajaan berusia 61 tahun itu tetap berlindung dengan ibunya yang berusia 95 tahun sejak upayanya untuk pembersihan publik melalui wawancara BBC pada 2019 menjadi bumerang besar-besaran.

Sang Ratu dengan cepat memecatnya dari tugas resmi tanpa mendorongnya keluar dari lingkaran keluarga dan dilaporkan menutupi biaya hukumnya.

Dia kadang-kadang difoto mengemudi atau menunggang kuda di sekitar perkebunan kerajaan. Dia tidak muncul di foto resmi pernikahan putrinya Beatrice 2020, meskipun dia mengantarnya ke pelaminan.

Teman buruk 

Penghukuman Ghislaine Maxwell di AS minggu lalu karena menyediakan anak di bawah umur untuk Epstein semakin memperburuk situasi Andrew. Tuduhan itu tidak berhubungan dengan pangeran atau Giuffre, tetapi penuduhnya sering menyebutkan hal tersebut.

"Dia sekarang dianggap sebagai teman dekat satu kali dengan tidak hanya seorang pedofil yang dihukum, tetapi juga seorang pedagang seks yang dihukum," tulis pemimpin redaksi majalah Majesty Ingrid Seward di tabloid The Sun. 

Mantan pilot helikopter angkatan laut itu menghadapi seruan untuk melepaskan peran kehormatan militernya, sementara laporan menyatakan dia bisa kehilangan gelar Duke of York-nya.

Giuffre menggugat pangeran untuk kerugian yang tidak ditentukan dalam gugatan perdata. Pangeran belum didakwa secara pidana dan polisi Inggris telah menolak untuk menyelidiki klaim tersebut.

Bencana PR

Sayangnya lagi, setiap upaya yang menggambarkan dia sebagai tanpa sadar terperangkap dalam skandal tampaknya tidak mungkin mengubah persepsi juri AS atau publik Inggris skeptis. Setelah wawancaranya dengan BBC 2019 yang secara luas dipandang sebagai bencana PR, Andrew dikritik karena arogansi dan kurangnya belas kasih untuk para korban Epstein.

Bisnis dan badan amal dengan cepat menjauhkan diri dari proyeknya dan dia mundur dari tugas kerajaan di garis depan.

Dia juga menghadapi ejekan terus-menerus setelah melawan klaim bahwa dia telah berkeringat banyak selama dugaan pertemuan dengan Giuffre. Dia berdalih tidak bisa berkeringat karena kondisi medis.

Kilas sejarah 

Lahir 19 Februari 1960, di Istana Buckingham, Andrew Albert Christian Edward Windsor ialah anak ketiga dan putra kedua dari ratu dan suaminya Pangeran Philip. Kakak laki-lakinya Charles, Pangeran Wales, ialah pewaris takhta.

Sebagai seorang pemuda, Andrew dipandang sebagai salah satu bujangan paling memenuhi syarat di dunia dan bahkan dijuluki Randy Andy oleh pers tabloid sebelum menetap dengan Sarah Ferguson pada 1986. Pasangan itu--yang menyandang gelar Duke dan Duchess of York setelah pernikahan mereka--memiliki dua putri, Beatrice dan Eugenie.

Maxwell dan Epstein dilaporkan menjadi tamu di pesta ulang tahun ke-18 Beatrice yang diadakan di Kastil Windsor pada 2006. Andrew dan Fergie bercerai pada 1996 tetapi tetap berhubungan baik dan dia secara terbuka membelanya terhadap klaim Giuffre.

Setelah perpisahan mereka, Andrew tertangkap kamera sedang berjemur dengan wanita bertelanjang dada di Thailand dan di pesta yang disebut pelacur dan mucikari dengan Maxwell.

Dia menerbangkan helikopter selama Perang Falklands 1982 dengan Argentina dan kembali ke rumah dengan sambutan pahlawan. Dia meninggalkan angkatan laut pada 2001 dan menjadi utusan perdagangan khusus pemerintah, mendapatkan julukan baru Airmiles Andy saat dia terbang keliling dunia atas biaya pembayar pajak.

Baca juga: Pangeran Andrew Desak Hakim AS Abaikan Kasus Pelecehan Seksual

Pertanyaan diajukan tentang penilaiannya setelah dikaitkan dengan keluarga berbagai diktator. Dia berulang kali menghadapi klaim sebagai orang yang kurang ajar, arogan, dan kasar. Namun skandal Epstein, yang muncul kembali pada 2011, telah memberikan pukulan paling merusak bagi reputasinya. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

Zelenskyy Ingin Bertemu Putin agar Perang Berakhir

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 19:31 WIB
Zelenskyy mengungkapkan sejumlah cara telah dilakukan Ukraina untuk menghentikan agresi Rusia. Pihaknya tidak pernah absen membawa tawaran...
SERGEY BOBOK / AFP

Jika Krisis Pangan Meluas, Zelenskyy: Salahkan Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 18:23 WIB
Ia mengatakan dampak serangan Rusia yang belum berhenti sejak 24 Februari 2022 telah menghancurkan pasokan perdagangan...
Matt Dunham / POOL / AFP

Zelenskyy Harap G20 Hentikan Agresi Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 18:13 WIB
Namun Zelenskyy mengaku tidak bisa hadir ke forum tersebut secara langsung. Sebagai presiden dan panglima tertinggi harus tetap berada di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya