Selasa 21 Desember 2021, 21:32 WIB

Thailand kembali Berlakukan Wajib Karantina bagi WNA

Thailand kembali Berlakukan Wajib Karantina bagi WNA

AFP
Vaksinasi di Thailand

 

PEMERINTAH Thailand mulai Selasa (21/12) mewajibkan lagi karantina COVID-19 bagi warga negara asing (WNA) akibat kekhawatiran penyebaran varian Omicron. Keputusan untuk menghentikan program pelonggaran "Test and Go" menandakan bahwa pengunjung musti menjalani karantina di hotel selama 7-10 hari.

Sementara itu, program "sandbox" yang mengharuskan pengunjung untuk tetap berada di daerah tertentu namun memungkinkan mereka berkeliaran bebas di luar akomodasinya, juga akan ditangguhkan di semua tempat kecuali pulau resor wisata Phuket.

"Setelah 21 Desember tidak ada lagi pendaftaran baru 'Test and Go', hanya karantina atau sandbox Phuket," kata wakil juru bicara pemerintah Rachada Dhanadirek.

Kebijakan itu diumumkan sehari setelah Thailand melaporkan kasus pertama transmisi lokal Omicron dan beberapa pekan setelah Thailand kembali menyambut wisatawan asing pada November.

Kedatangan WNA mengakhiri kebijakan masuk yang ketat selama hampir 18 bulan, yang ikut andil atas lumpuhnya pariwisata, yakni sektor industri utama sekaligus pendorong ekonomi yang mendatangkan 40 juta pengunjung sepanjang 2019.

Sekitar 200.000 pengunjung yang sebelumnya mendaftar untuk pelonggaran karantina dan program sandbox masih diizinkan, kata juru bicara pemerintah Thanakorn Wangboonkongchana. "Ini bukan untuk menutup pariwisata tetapi hanya menunda kedatangan sementara," katanya.

Menurut Wangboonkongchana, keputusan itu akan ditinjau pada 4 Januari 2022. (OL-8)

Baca Juga

AFP/Jack Taylor.

Tips Liburan ke Thailand Low Budget, Pemula Merapat

👤Meilani Teniwut 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 16:20 WIB
Supaya liburan kamu tetap terasa aman dan nyaman, simak selengkapnya di bawah ini, ya! Happy...
FAZRY ISMAIL / POOL / AFP Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim

Anwar Ibrahim Umumkan 28 Pembantunya untuk Stabilitas Politik

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 13:56 WIB
Perdana Menteri (PM) ke-10 Malaysia Anwar Ibrahim merangkap jabatan sebagai Menteri Keuangan. Keputusan itu terungkap dari susunan...
AFP

Snowden Senang dapat Paspor Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 13:49 WIB
Eks mata-mata Amerika Serikat (AS) Edward Snowden telah menerima paspor Rusia setelah bersumpah setia kepada negara barunya itu sejak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya