Selasa 30 November 2021, 10:17 WIB

Angkatan Laut Myanmar Tangkap Kapal Berisi 228 Rohingya

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Angkatan Laut Myanmar Tangkap Kapal Berisi 228 Rohingya

AFP/Adib Chowdhury
Pengungsi Rohingya.

 

ANGKATAN Laut Myanmar menangkap sebuah kapal yang membawa 228 orang Rohingya dan menangkap semua penumpang di dalamnya pada Senin (29/11).

Sekitar 33 anak termasuk di antara mereka yang ditahan di perairan dekat Sittwe di barat laut Myanmar, serta lima pekerja kapal, menurut laporan MRTV. Mereka yang ditahan diserahkan ke polisi dan pihak imigrasi.

Seorang juru bicara pemerintah militer Myanmar tidak segera berkomentar. Seorang pejabat pemerintah setempat mengonfirmasi insiden itu tetapi menolak untuk memberikan rincian.

Gambar-gambar yang disiarkan stasiun televisi itu menunjukkan orang-orang berkerumun di lantai perahu kayu panjang, termasuk beberapa wanita bercadar yang menggendong anak-anak kecil, sebuah pemandangan yang mengingatkan pada perjalanan berbahaya lainnya yang dilakukan oleh Rohingya dalam beberapa tahun terakhir.

Setidaknya 32 Rohingya tewas di kapal yang hanyut selama berminggu-minggu setelah gagal mencapai Malaysia pada 2020.

Myanmar yang mayoritas beragama Buddha tidak mengakui Rohingya sebagai warga negara dan mereka menghadapi pembatasan ketat terhadap kebebasan bergerak serta akses ke perawatan kesehatan dan pendidikan.

Myanmar membantah menganiaya Rohingya dan mengatakan mereka bukan kelompok etnis asli tetapi imigran dari Asia Selatan, meskipun banyak Rohingya dapat melacak nenek moyang mereka kembali berabad-abad.

Lebih dari 730.000 Rohingya melarikan diri dari Myanmar ke Bangladesh pada 2017 untuk menghindari tindakan keras yang dipimpin militer yang menurut penyelidik PBB dilakukan dengan niat genosida dan termasuk pembunuhan massal serta pemerkosaan.

Myanmar telah membantah kekejaman yang meluas, membingkai kekerasan sebagai tanggapan terhadap serangan oleh militan Rohingya. (Straitstimes/OL-12)

 

Baca Juga

Kay Nietfeld / POOL / AFP

AS dan Rusia Adakan Pembicaraan Terakhir tentang Ukraina

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 21 Januari 2022, 11:21 WIB
Amerika Serikat semakin khawatir bahwa Rusia akan menyerang Ukraina meskipun ada peringatan...
ALEX HALADA / AFP

Austria Wajibkan Vaksinasi Covid-19 untuk Orang Dewasa

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 21 Januari 2022, 09:48 WIB
Keputusan tersebut menjadikan Austria negara Eropa pertama yang melakukannya meskipun ada gelombang protes yang menentang tindakan...
Yevgeny BIYATOV / SPUTNIK / AFP

Pemimpin Belarus Tetapkan Referendum Konstitusi pada 27 Februari

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 21 Januari 2022, 09:41 WIB
Jika Lukashenko mengajukan dirinya sebagai kandidat untuk pemilu pada tahun 2025, dia mungkin akan tetap berkuasa selama sepuluh tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya