Senin 29 November 2021, 13:10 WIB

14,2 Juta Warga Tiongkok Berebut Posisi PNS

Mediaindonesia.com | Internasional
14,2 Juta Warga Tiongkok Berebut Posisi PNS

Sun Can/Xinhua
Seleksi PNS di Tiongkok

 

Sekitar 1,42 juta warga Tiongkok bersaing ketat memperebutkan 31.200 posisi sebagai pegawai negeri sipil setempat untuk formasi tahun 2021.

Jumlah pelamar PNS tahun ini meningkat 40 persen dibandingkan tahun lalu, demikian Badan Pelayanan Sipil Nasional (NCSA) dikutip media setempat, Senin (29/11).

Para pelamar PNS telah menjalani tes selama dua jam pada Minggu (29/11) pagi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait matematika, logika, analisis, dan pengetahuan umum.

Tiga jam berikutnya adalah ujian menulis esai hingga sore hari.

Di antara posisi yang lowong di 75 instansi pusat dan 23 instansi cabang, persaingan paling ketat adalah posisi di Prefektur Ngari, Daerah Otonomi Tibet, dengan gaji dan peningkatan karier yang lebih menjanjikan.

Rekrutmen tersebut menguntungkan para lulusan perguruan tinggi karena ada 21.000 posisi bagi mereka.

Sementara itu, pemerintah pusat juga telah mengeluarkan kebijakan preferensial untuk posisi ujung tombak pelayanan masyarakat akar rumput.

Kualifikasi di 8.700 posisi institusi di daerah terpencil di wilayah barat Tiongkok dipermudah dibandingkan dengan daerah lain.

Selain itu, preferensi untuk lebih dari 2.800 posisi diberikan kepada perangkat desa, tenaga sukarelawan, dan pensiunan tentara yang pernah bertugas lebih dari lima tahun di dinas kemiliteran.

Pelaksanaan ujian PNS digelar dengan menerapkan protokol kesehatan anti-covid-19 secara ketat.

Para pelamar yang mengikuti tes di beberapa tempat, seperti Beijing, Shanghai, dan Jiangsu, harus menunjukkan hasil negatif tes PCR yang berlaku dalam 48 jam terakhir.  (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/Planet Labs PBC

Lima WNI di Tonga Terus Diupayakan Dikontak KBRI Wellington

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 20 Januari 2022, 09:14 WIB
KBRI Wellington terus berupaya mencari tahu kondisi lima WNI yang berada di Tonga, pasca letusan gunung berapi bawah laut Hunga-Tonga-Hunga...
AFP/Christophe ARCHAMBAULT

Prancis Kembali Laporkan Rekor Harian Covid-19 Tertinggi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 09:03 WIB
Otoritas Prancis lagi-lagi melaporkan 436.000 lebih kasus harian Covid-19 pada Rabu (19/1), setelah mencatat 464.769 kasus sehari...
AFP/Tolga Akmen

Inggris Bebaskan Masker dan Bakal Mulai WFH Mulai Pekan Depan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 08:55 WIB
Masyarakat di Inggris akan dibebaskan dari keharusan memakai masker di mana saja atau bekerja dari rumah (work from home/WFH) mulai pekan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya