Sabtu 27 November 2021, 19:44 WIB

61 Pelancong dari Afrika Selatan Dinyatakan Positif Covid-19 di Belanda

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
61 Pelancong dari Afrika Selatan Dinyatakan Positif Covid-19 di Belanda

AFP/LAURENS BOSCH
Ambulans membawa pelancong dari Afrika Selatan yang terkonfirmasi positif covid-19 di Bandara Schiphol Amsterdam, Belanda, Sabtu (27/11/2021

 

OTORITAS kesehatan Belanda mengatakan bahwa 61 orang yang tiba di Amsterdam dengan dua penerbangan dari Afrika Selatan pada Jumat (26/11) dinyatakan positif covid-19. Mereka melakukan pengujian lebih lanjut pada Sabtu (27/11) untuk melihat apakah mereka terinfeksi dengan varian virus korona Omicron yang baru ditemukan.

Sekitar 600 penumpang tiba di Bandara Schiphol Amsterdam dengan dua penerbangan KLM pada hari Jumat  (26/11)dan kemudian menghadapi penundaan dan pengujian selama berjam-jam karena kekhawatiran atas varian baru virus.

Kementerian Kesehatan Belanda mengatakan pada hari Sabtu bahwa 61 tes telah kembali positif.

"Wisatawan dengan hasil tes positif akan ditempatkan dalam isolasi di sebuah hotel di atau dekat Schiphol," kata otoritas kesehatan dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Belgia Temukan Varian Baru Covid-19 di Eropa

"Dari hasil tes positif, kami sedang meneliti secepat mungkin apakah itu varian baru yang sekarang menjadi perhatian bernama 'Omicron',” imbuhnya.

Pemerintah Belanda melarang semua perjalanan udara dari Afrika bagian selatan pada Jumat pagi. Menteri Kesehatan Hugo de Jonge mengatakan bahwa penumpang yang sudah dalam perjalanan ke Belanda harus menjalani pengujian dan karantina pada saat kedatangan.

Penumpang di dua penerbangan KLM, dari Cape Town dan Johannesburg, mengatakan mereka terus menunggu di landasan selama berjam-jam.

"Tepuk tangan meriah karena ada bis yang datang untuk membawa kita ke suatu tempat," cuit jurnalis New York Times Stephanie Nolen, seorang penumpang dalam penerbangan dari Johannesburg.

"Bis menuju aula ke antrian besar. Saya bisa melihat penguji covid-19 dengan APD (alat pelindung diri) biru cerah di kejauhan. Masih tidak ada makanan ringan untuk bayi yang sedih," tambahnya dalam tweet kedua.

Seorang juru bicara otoritas kesehatan di Kennemerland, wilayah Belanda yang mengawasi Schiphol, mengatakan kasus-kasus positif sedang dianalisis oleh rumah sakit medis akademik Belanda untuk menentukan apakah mereka adalah jenis baru.

Pemerintah Belanda secara terpisah pada hari Jumat mengumumkan penutupan bar, restoran, dan sebagian besar toko pada malam hari karena bergulat dengan gelombang pemecah rekor kasus covid-19 yang membanjiri sistem perawatan kesehatannya. (Straitstimes/H-3)

Baca Juga

AFP/Ahmad Gharabli.

Tentara Israel Tembak Mati Warga Palestina yang Ingin Menikam

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Januari 2022, 21:21 WIB
Kementerian Kesehatan Palestina mengidentifikasi pria yang tewas sebagai Faleh Musa Jaradat yang tinggal di selatan...
AFP/Ahmad Gharabli.

Polisi Israel Ingin Gusur Rumah, Warga Palestina Ancam Bakar Diri

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Januari 2022, 21:08 WIB
Keluarga Salhiya telah menghadapi ancaman penggusuran sejak 2017. Ketika itu tanah tempat tinggalnya dialokasikan untuk pembangunan...
AFP/Mahmud Hams.

TV Gaza Milik Hamas Tanggapi Serial Top Israel di Netflix

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Januari 2022, 14:24 WIB
Sementara serial Israel sering menampilkan aktor dari minoritas Arab-Israel di negara itu, produksi di Gaza tidak menggunakan aktor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya