Minggu 21 November 2021, 13:10 WIB

Terkait Kedutaan Taiwan, Tiongkok Kendurkan Hubungan Diplomatik dengan Lithuania

 Nur Aivanni | Internasional
Terkait Kedutaan Taiwan, Tiongkok Kendurkan Hubungan Diplomatik dengan Lithuania

Handout/TAIWAN MINISTRY OF FOREIGN AFFAIRS/AFP
Kemenlu Taiwan menunjukkan foto Direktur Perwakilan Taiwan untuk Lithunia Eric Huang (ketiga dari kanan) di kantornya di Vilnius, Lithunia.

 

TIONGKOK telah secara resmi menurunkan hubungan diplomatiknya dengan Lithuania ke tingkat "charge d'affaires".

Hal itu disampaikan Kementerian Luar Negeri Tiongkok pada Minggu (21/11), sebagai bentuk protes usai Taiwan mendirikan kedutaan de facto di Vilnius, ibu kota Lituania.

Langkah Lithuania yang mengizinkan Taipei untuk secara resmi membuka kantor dengan menggunakan nama Taiwan adalah langkah diplomatik yang signifikan yang menentang kampanye tekanan oleh Beijing, yang mencoba untuk membuat Taiwan tetap terisolasi di panggung global.

"Pemerintah Tiongkok harus menurunkan hubungan diplomatik antara kedua negara ... untuk menjaga kedaulatannya dan norma-norma dasar hubungan internasional," kata Kementerian Luar Negei Tiongkok dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan pernyataan tersebut, pemerintah Lithuania harus menanggung semua konsekuensi yang muncul dari langkah tersebut. Tindakan Lithuania tersebut, tambahnya, menciptakan preseden buruk di arena internasional.

Tiongkok menolak setiap penggunaan resmi kata "Taiwan", agar tidak memberikan rasa legitimasi internasional ke pulau demokratis yang memiliki pemerintahan sendiri, yang diklaim Beijing sebagai bagian dari wilayahnya dan telah berjanji akan merebutnya pada suatu hari.

Beijing menambahkan bahwa Lithuania telah meninggalkan komitmen politik yang dibuat pada pembentukan hubungan diplomatik dengan Tiongkok, yang mengacu pada "kebijakan Satu Tiongkok" di mana negara-negara secara resmi mengakui pemerintah Tiongkok atas Taiwan.

Taiwan mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pada Juli 2021, pos diplomatik baru pertama di Eropa dalam 18 tahun.

Langkah itu memicu teguran keras oleh Tiongkok, yang menarik duta besarnya untuk Lithuania dan menuntut Vilnius melakukan hal yang sama, yang akhirnya dilakukan.

Tiongkok juga menghentikan kereta barang ke Lithuania dan berhenti mengeluarkan izin ekspor makanan.

Pada Minggu (21/11) Lithuania menyatakan 'penyesalan' atas keputusan Tiongkok yang mengendurkan hubungan diplomatik sebagai bentuk protes atas berdirnya Duta Besar Taiwan de facto di Vilnius.

"Lithuania kembali menegaskan 'kebijakan satu China', tetapi pada saat yang sama memiliki hak untuk mengembangkan hubungan dengan Taiwan termasuk misi non-diplomatik," kata Kemenlu Lithunia dalam pernyataanya. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP

Austria Perpanjang Penguncian Covid-19 Selama 10 Hari

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 01 Desember 2021, 09:45 WIB
KOMITE parlemen Austria menyetujui dekrit yang memperpanjang penguncian covid-19 di negara itu selama 10 hari, sehingga total durasinya...
AFP/Fabrice COFFRINI

WHO Minta Kelompok Rentan yang tidak Divaksin Tunda Perjalanan ke Daerah Transmisi

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 01 Desember 2021, 09:15 WIB
"Diperkirakan varian omicron akan terdeteksi di semakin banyak negara ketika otoritas nasional meningkatkan kegiatan pengawasan dan...
AFP

Brasil Laporkan Kasus Varian Omicron Pertama di Amerika Latin

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 01 Desember 2021, 08:50 WIB
REGULATOR kesehatan Brasil Anvisa mendeteksi kasus positif covid-19 Omicron pada dua warga Brasil, Selasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya