Sabtu 06 November 2021, 13:49 WIB

NASA: Empat Astronaut Siap Kembali dari Stasiun Luar Angkasa Pekan Depan

Nur Aivanni | Internasional
NASA: Empat Astronaut Siap Kembali dari Stasiun Luar Angkasa Pekan Depan

Joel KOWSKY / NASA / AFP
Dari kiri: Astronuat ESA (European Space Agency) Matthias Maurer, astronuat NASA Tom Marshburn, Raja Chari, dan Kayla Barron.

 

BADAN Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan bahwa empat astronaut dijadwalkan kembali ke Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Senin (8/11) pagi setelah menghabiskan lebih dari enam bulan di luar angkasa.

Empat anggota misi Crew-2, termasuk seorang astronaut Prancis dan Jepang, akan kembali ke Bumi sebelum kedatangan kru pengganti, yang lepas landasnya tertunda beberapa kali karena kondisi cuaca yang tidak menguntungkan.

Dalam sebuah pernyataan pada Jumat (5/11) malam, NASA mengatakan bahwa anggota Crew-2 akan kembali ke Bumi pada Senin (8/11), dengan pendaratan di lepas pantai Florida.

"Saat kami bersiap untuk pergi, ini semacam perasaan pahit, kami mungkin tidak akan pernah kembali untuk melihat ISS, dan itu benar-benar tempat yang ajaib," kata astronaut Prancis Thomas Pesquet pada Jumat pagi saat konferensi pers dari stasiun luar angkasa.

"Saya sangat bersyukur bahwa orang-orang memimpikan ISS beberapa waktu lalu dan kemudian bekerja keras untuk mewujudkannya dan membangunnya untuk kepentingan semua orang," tambah Pesquet.

Endeavour, pesawat ruang angkasa Crew Dragon, dijadwalkan akan lepas landas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pukul 18.05 GMT pada Minggu (5711) untuk memulai perjalanan pulang.

Setelah terlepas dari ISS, kapsul itu akan memulai perjalanan beberapa jam, yang durasinya dapat sangat bervariasi tergantung pada lintasannya, dan kemudian akan mendarat di lepas pantai Florida.

Dikatakan NASA, peluang lepas landas dan pendaratan cadangan tersedia pada Senin, jika kondisi cuaca tidak mendukung. Kedua misi tersebut sedang dilakukan oleh NASA bekerja sama dengan SpaceX, yang kini menyediakan peluncuran reguler ke ISS dari Amerika Serikat.

Crew-3 dijadwalkan akan lepas landas ke ISS dengan roket SpaceX Falcon 9 dari Kennedy Space Center di Florida, tempat astronaut dikarantina selama berhari-hari. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP.

Kisah Nuklir Iran, dari Kesepakatan 2015 hingga Draf Teks Final

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 19:25 WIB
Pada 2013, Presiden Iran yang baru terpilih Hassan Rouhani mengatakan dia siap untuk negosiasi serius mengenai program nuklir...
AFP/Tentara Israel.

Tentara Israel Temukan dan Blokade Terowongan Milik Hamas

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 19:05 WIB
Tentara Israel menemukan dan memblokade satu terowongan yang mengarah keluar dari Jalur Gaza. Terowongan itu digali oleh Hamas sebagai...
dok.AFP

Infeksi Covid-19 Meningkat di Xinjiang, Diduga Dari Turis Tiongkok

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 18:53 WIB
PIHAK berwenang Tiongkok di Xinjiang, menegaskan kepada siapapun yang kedapatan atau berani melanggar undang-undang karantina (tidak keluar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya