Rabu 27 Oktober 2021, 10:15 WIB

Panglima TNI Dapat Penghargaan Kehormatan dari Australia

Basuki Eka Purnama | Internasional
Panglima TNI Dapat Penghargaan Kehormatan dari Australia

MI/Dok Kedubes Australia di Indonesia
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kiri) menerima penghargaan kehormatan Order of Australia dari Dubes Australia Penny Williams.

 

PANGLIMA TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dianugerahi salah satu penghormatan tertinggi Australia dalam sebuah upacara khusus yang diselenggarakan di Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Selasa (26/10).

Panglima TNI mendapatkan penghargaan kehormatan Order of Australia (Divisi Militer), sebagai pengakuan atas tekad dan komitmen yang luar biasa terhadap hubungan pertahanan bilateral.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams mengatakan bintang penghargaan itu menghormati pencapaian cemerlang Hadi, termasuk peran integralnya dalam mendukung koordinasi dan kolaborasi di antara angkatan bersenjata Australia dan Indonesia.

Baca juga: Australia Setujui Vaksin Covid-19 Booster untuk Warga Dewasa

“Penghargaan ini menyoroti pendekatan Marsekal TNI Tjahjanto melalui pengabdian dan dedikasinya yang luar biasa untuk memperkuat hubungan pertahanan antara Australia dan Indonesia, khususnya dalam mendukung Kemitraan Strategis Komprehensif bilateral,” kata Williams.

“Marsekal TNI Tjahjanto telah mendukung peningkatan kerja sama operasi gabungan, kelancaran dialog strategis terbuka tentang isu-isu yang menjadi kepentingan bersama dan meningkatkan interoperabilitas antara kedua angkatan bersenjata kita,” lanjutnya.

Dia juga mengakui dukungan Hadi sebagai teman dan mitra Australia pada saat dibutuhkan. Di bawah kepemimpinan Hadi, anggota TNI dan
personel Badan Nasional Penanggulangan Bencana dikerahkan untuk Operasi Bushfire Assist pada Februari 2020, dalam rangka membantu operasi pemulihan dan secara langsung mendukung warga Australia yang terkena dampak kebakaran hutan parah di negara bagian New South Wales.

“Marsekal TNI Tjahjanto telah berperan penting dalam membangun kepercayaan dan memperkuat ikatan profesional antara tentara, pelaut dan penerbang, dan perempuan di angkatan bersenjata kita,” kata Williams.

“Saat Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia-Australia (IKAHAN) merayakan hari jadinya yang ke-10, Marsekal TNI Tjahjanto menjadi contoh luar biasa bagi militer kita masing-masing tentang pentingnya memperkuat hubungan antar anggota, terutama dengan negara tetangga dekat seperti
Indonesia dan Australia,” imbuhnya.

Order of Australia menghormati individu yang telah menunjukkan jasa atau pencapaian yang luar biasa. Jumlah penghargaan yang diberikan setiap tahunnya sangat terbatas, dan yang dianugerahkan kepada pejabat asing sangat jarang. (RO/OL-1)

Baca Juga

AFP/Jeff J Mitchell - Pool/Getty Images

Sandra Mason, Presiden Pertama Barbados

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 30 November 2021, 13:00 WIB
Mason akan menggantikan posisi Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin negara di kawasan Karibia itu, saat dia dilantik pada Selasa (30/11) WIB...
AFP/Remko de Waal

Polisi Belanda Tangkap Pasangan yang Kabur dari Karantina Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 30 November 2021, 12:10 WIB
Kepolisian perbatasan Belanda mengatakan pasangan laki-laki Portugal dan perempuan Spanyol itu ditangkap di atas pesawat yang menuju...
AFP/STR

Tiongkok Janjikan Afrika 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 30 November 2021, 11:58 WIB
Janji Xi datang sebagai bagian dari forum antara Tiongkok dan negara-negara Afrika dengan penekanan pada perdagangan dan keamanan, di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya