Selasa 26 Oktober 2021, 11:32 WIB

Malaysia Bakal Lindungi Kompleks Petronas di Sudan Menyusul Kudeta Militer

Mediaindonesia.com | Internasional
Malaysia Bakal Lindungi Kompleks Petronas di Sudan Menyusul Kudeta Militer

freemalaysiatoday.com
Petronas

 

Kementerian Luar Negeri Malaysia menyatakan akan melindungi kompleks Petronas di Sudan menyusul terjadinya kudeta militer di negara tersebut.

"Kementerian Luar Negeri sedang memantau secara dekat perkembangan di Sudan, berikut laporan pengambilalihan pemerintahan oleh pihak tentara di sana," ujar pernyataan Kemenlu Malaysia di Putrajaya, Selasa.

Menurut Kedutaan Besar Malaysia di Khartoum, 42 warga Malaysia, termasuk 27 pelajar, dilaporkan berada dalam keadaan selamat.

"Pegawai-pegawai kedutaan senantiasa berhubungan secara dekat dengan mereka," kata kedubes.

Kemenlu mengatakan akan terus berusaha melindungi semua kepentingan Malaysia di Sudan, termasuk Petronas Sudan Compleks yang ikut ditempati Kedubes Malaysia, badan-badan PBB dan lembaga-lembaga internasional.

Kuasa Usaha Sudan telah dipanggil oleh Kemenlu Malaysia petang ini terkait kekhawatiran terhadap keselamatan warga Malaysia di Sudan.

Sebelumnya pemerintah Malaysia merasa mengkhawatirkan isu penyitaan aset milik Petronas, termasuk Petronas Sudan Complex, di Khartoum oleh pemerintah transisi karena dianggap diperoleh secara ilegal dari pemerintahan sebelumnya.

Sejak munculnya isu tersebut pada Desember 2020, Kemenlu Malaysia telah bekerja sama dengan Petronas dan Kedubes Malaysia di Khartoum untuk menangani isu tersebut. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP

Biden Akan Bahas Ukraina dengan Sekutu NATO

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 09 Desember 2021, 08:25 WIB
Presiden AS Joe Biden menelepon anggota NATO Eropa Timur pada Kamis (9/12) untuk membahas KTT-nya secara daring dengan Presiden Rusia...
DOK Salesforce.

Salesforce Donasikan Rp7,2 Miliar untuk UNICEF di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 07:48 WIB
UNICEF akan menggunakan bantuan dari Salesforce untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat terdampak di Indonesia, khususnya perempuan...
AFP/Daniel LEAL

Inggris Perketat Pembatasan Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Desember 2021, 06:37 WIB
Johnson mengatakan tingkat kasus covid-19 varian Omicron berlipat ganda setiap dua hingga tiga hari sehingga mengancam daya tampung rumah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya