Selasa 26 Oktober 2021, 10:27 WIB

KTT ASEAN Dimulai Tanpa Kehadiran Myanmar

Basuki Eka Purnama | Internasional
KTT ASEAN Dimulai Tanpa Kehadiran Myanmar

AFP/Romeo GACAD
Bendera negara-negara anggota ASEAN terlihat di KTT ASEAN di Bangkok, 4 November 2019 lalu.

 

PARA pemimpin negara ASEAN, Selasa (26/10), mengawali KTT ASEAN namun Myanmar menolak mengirim perwakilan mereka karena marah dengan keputusan blok tersebut tidak mengundang pimpinan junta.

Pertemuan virtual itu menandari dibukanya pertemuan selama tiga hari negara-negara anggota ASEAN dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan pemimpin Tiongkok serta Rusia dijadwalkan hadir.

Myanmar menjadi agenda utama pertemuan pemimpin negara-negara ASEAN pada Selasa (26/10) setelah negara itu masih dilanda kekacauan pascakudeta militer pada Februari lalu.

Baca juga: Indonesia Wajib Penuhi Pendidikan Pengungsi Anak dari Luar Negeri

Menghadapi seruan untuk mengatasi krisis di Myanmar, ASEAN telah menyusun sebuah roadmap untuk memulihkan perdamaian namun ada kekhawatiran mengenai komitmen junta terhadap roadmap itu,

Penolakn junta untuk mengizinkan perwakilan khusus ASEAN untuk bertemu Aung San Suu Kyi menyebabkan ASEAN tidak mengundang pemimpin junta Min Aung Hlaing untuk hadir dalam KTT ASEAN.

Kudeta itu memandamkan pemerintahan demokrasi Myanmar dengan Suu Kyi didakwa melakukan sejumlah pelanggaran yang bisa menyebabkan dia dijebloskan ke penjara selama puluhan tahun.

Keputusan ASEAn untuk tidak mengundang Min Aung Hlaing adalah langkah tidak biasa bagi organisasi yang kerap dianggap tidak bergigi dan dikritik oleh Myanmar karena dianggap melanggar kebijakan ASEAN untuk tidak ikut campur dalam urusan dalam negeri negara anggota. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Biden Akan Bahas Ukraina dengan Sekutu NATO

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 09 Desember 2021, 08:25 WIB
Presiden AS Joe Biden menelepon anggota NATO Eropa Timur pada Kamis (9/12) untuk membahas KTT-nya secara daring dengan Presiden Rusia...
DOK Salesforce.

Salesforce Donasikan Rp7,2 Miliar untuk UNICEF di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 07:48 WIB
UNICEF akan menggunakan bantuan dari Salesforce untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat terdampak di Indonesia, khususnya perempuan...
AFP/Daniel LEAL

Inggris Perketat Pembatasan Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Desember 2021, 06:37 WIB
Johnson mengatakan tingkat kasus covid-19 varian Omicron berlipat ganda setiap dua hingga tiga hari sehingga mengancam daya tampung rumah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya