Selasa 19 Oktober 2021, 21:24 WIB

Amerika Serikat Izinkan Vaksinasi Covid-19 Ketiga dari Merek Berbeda

Mediaindonesia.com | Internasional
Amerika Serikat Izinkan Vaksinasi Covid-19 Ketiga dari Merek Berbeda

AFP/Kamil Krzaczynski.
Seorang wanita menerima vaksin covid-19 Johnson & Johnson di pusat vaksinasi, Chicago, Illinois.

 

BADAN Pengawas Makanan dan Obat-obatan (FDA) Amerika Serikat sedang bersiap untuk mengizinkan vaksin ketiga virus korona yang berbeda atau sama dengan merek vaksin sebelumnya (mix and match). Artinya, orang bisa mendapatkan suntikan tambahan yang berbeda dengan dosis yang awalnya mereka terima, media AS melaporkan.

Mengutip sumber yang mengetahui situasi tersebut, New York Times, mengatakan FDA mungkin membuat pengumuman pada Rabu (20/10) ketika juga diharapkan untuk mengesahkan booster untuk vaksin Moderna dan Johnson & Johnson.

Suatu studi pendahuluan yang dirilis di Amerika Serikat minggu lalu menunjukkan bahwa orang yang telah menerima vaksin J&J dapat mengambil manfaat dari dosis booster vaksin messenger-RNA yang berbeda seperti Pfizer atau Moderna. Tetapi beberapa laporan mengutip orang-orang yang akrab dengan diskusi itu mengatakan satu suntikan mungkin tidak direkomendasikan dilanjutkan dengan jeni vaksin lain dan FDA dapat mengatakan menggunakan vaksin yang sama lebih disukai bila memungkinkan.

"Orang-orang pada umumnya harus mendapatkan vaksin yang sama dengan seri awal mereka," kata seorang pejabat federal kepada Washington Post. Pendukung mix and match itu menunjukkan manfaatnya dalam hal menyederhanakan peluncuran vaksin dan memastikan mereka yang membutuhkan booster bisa mendapatkannya terlepas dari jenis vaksin yang awalnya mereka miliki.

"Dari perspektif kesehatan masyarakat, ada kebutuhan yang jelas dalam beberapa situasi bagi individu untuk menerima vaksin yang berbeda," Amanda Cohn, pejabat tinggi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, mengatakan kepada New York Times. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Jeff J Mitchell - Pool/Getty Images

Sandra Mason, Presiden Pertama Barbados

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 30 November 2021, 13:00 WIB
Mason akan menggantikan posisi Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin negara di kawasan Karibia itu, saat dia dilantik pada Selasa (30/11) WIB...
AFP/Remko de Waal

Polisi Belanda Tangkap Pasangan yang Kabur dari Karantina Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 30 November 2021, 12:10 WIB
Kepolisian perbatasan Belanda mengatakan pasangan laki-laki Portugal dan perempuan Spanyol itu ditangkap di atas pesawat yang menuju...
AFP/STR

Tiongkok Janjikan Afrika 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 30 November 2021, 11:58 WIB
Janji Xi datang sebagai bagian dari forum antara Tiongkok dan negara-negara Afrika dengan penekanan pada perdagangan dan keamanan, di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya