Jumat 15 Oktober 2021, 15:17 WIB

Besok, Tiongkok akan Luncurkan Misi Luar Angkasa Berawak

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Besok, Tiongkok akan Luncurkan Misi Luar Angkasa Berawak

Antara
Ilustrasi

 

TIONGKOK akan mengirim tiga astronot ke stasiun ruang angkasa barunya pada minggu ini, dalam misi awak terpanjang Beijing hingga saat ini.

“Ketiganya akan meluncur pada Sabtu (16/10) pukul 12.23 dari pusat peluncuran di gurun Gobi Tiongkok barat laut,” kata Badan Antariksa Berawak China (CMSA) pada konferensi pers Kamis (14/10).

Mereka akan menghabiskan waktu selama enam bulan di modul inti stasiun ruang angkasa Tiangong, Tianhe.

“Misi mereka yang berlangsung dua kali lebih lama dari pendahulunya yang memegang rekor, bertujuan untuk menguji teknologi penting untuk merakit Tiangong,” kata wakil direktur CMSA Lin Xiqiang.

“Misi tersebut juga akan mencakup dua hingga tiga perjalanan luar angkasa untuk memasang komponen yang diperlukan untuk pekerjaan konstruksi di masa depan,” imbuhnya.

Tiga taikonauts, sebagaimana Tiongkok menyebut astronotnya, termasuk komandan Zhai Zhigang, 55, mantan pilot pesawat tempur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang pada 2008 melakukan perjalanan luar angkasa pertama oleh astronot Tiongkok.

Baca juga : Korsel akan Sumbangkan 1,6 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Vietnam dan Thailand

Zhai mengatakan tantangan utama bagi para astronot akan mencakup perjalanan ruang angkasa yang lebih kompleks daripada misi sebelumnya serta tekanan fisik dan mental ekstra untuk tinggal di luar angkasa untuk waktu yang lebih lama.

“Tetapi para kru memiliki kepercayaan diri dan kemampuan untuk mencapai tujuan mereka dan menghidupi kepercayaan besar yang diberikan kepada kami oleh ibu pertiwi dan orang-orang,” tambahnya pada konferensi pers terpisah.

Anggota kru lainnya, Wang Yaping, 41, akan menjadi astronot wanita pertama yang mengunjungi stasiun luar angkasa negara itu. Dia sebelumnya menjadi wanita kedua Tiongkok di luar angkasa pada 2013. Anggota tim lainnya adalah mantan pilot PLA Ye Guangfu, 41.

Ketiganya sebelumnya adalah kru cadangan untuk misi Shenzhou-12 yang sukses yang berakhir bulan lalu ketika para astronot kembali dengan selamat ke bumi dalam kapsul pendaratan.

Para astronot menghabiskan waktu tiga bulan di stasiun Tiangong, yang memiliki modul hidup terpisah untuk masing-masing dari mereka serta kamar mandi bersama, ruang makan, dan pusat komunikasi untuk mengirim email dan memungkinkan panggilan video dengan kontrol darat.

Roket Long March-2F yang akan membawa pesawat ruang angkasa Shenzhou-13 ke luar angkasa dipindahkan ke landasan peluncuran Kamis lalu, media pemerintah Tiongkok melaporkan.

“Saat ini menggunakan propelan sebelum peluncuran hari Sabtu,” kata Lin.

Program luar angkasa Tiongkok yang sangat dipromosikan telah membuat negara itu mendaratkan rover di Mars dan mengirim probe ke bulan.

Keinginan Beijing untuk memiliki pos terdepan manusia di orbit Bumi didorong oleh larangan AS terhadap astronotnya di Stasiun Luar Angkasa Internasional. (France24/OL-2)

 

Baca Juga

AFP/Ahmad Gharabli.

Tentara Israel Tembak Mati Warga Palestina yang Ingin Menikam

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Januari 2022, 21:21 WIB
Kementerian Kesehatan Palestina mengidentifikasi pria yang tewas sebagai Faleh Musa Jaradat yang tinggal di selatan...
AFP/Ahmad Gharabli.

Polisi Israel Ingin Gusur Rumah, Warga Palestina Ancam Bakar Diri

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Januari 2022, 21:08 WIB
Keluarga Salhiya telah menghadapi ancaman penggusuran sejak 2017. Ketika itu tanah tempat tinggalnya dialokasikan untuk pembangunan...
AFP/Mahmud Hams.

TV Gaza Milik Hamas Tanggapi Serial Top Israel di Netflix

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Januari 2022, 14:24 WIB
Sementara serial Israel sering menampilkan aktor dari minoritas Arab-Israel di negara itu, produksi di Gaza tidak menggunakan aktor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya