Kamis 14 Oktober 2021, 23:28 WIB

KLHK Gelar Forum Bisnis di Expo 2020 Dubai

Mediaindonesia.com | Internasional
KLHK Gelar Forum Bisnis di Expo 2020 Dubai

Dok KLHK
Pameran KLHK di Dubai Ekspo

 

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di perhelatan Expo 2020 Dubai, KLHK menggelar forum bisnis bertajuk “Investasi dan Pengembangan Multiusaha Kehutanan di Indonesia” dan “Potensi dan Peluang Investasi dalam Perdagangan Produk Kehutanan”, Senin (11/10). Forum ini merupakan salah satu upaya KLHK dalam mengenalkan potensi hasil hutan Indonesia dan menarik investasi.

Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari KLHK, Agus Justianto, menyampaikan, pelaksanaan forum bisnis ini diharapkan dapat membuka peluang dan meningkatkan pemasaran produk dari multiusaha kehutanan ke pasar Middle East dan pasar tradisional lainnya.

“Kami begitu bersemangat karena acara ini dihadiri oleh banyak pelaku usaha asal Uni Emirat Arab, dan kami berkesempatan untuk menceritakan kekayaan hutan Indonesia serta potensi luar biasa yang kita miliki dari sektor perdagangan,” ujar Agus lewat keterangan resmi.

Menurut Agus, promosi produk industri kehutanan menargetkan kenaikan sebesar 2% dari nilai ekspor tahun ini atau sekitar 0,22 milyar penambahan. Adpun Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK, Wiratno menjelaskan, forum bisnis seperti ini merupakan wadah yang begitu strategis untuk mengenalkan potensi Indonesia dan meningkatkan ekspor produk hasil hutan.

“Dalam kesempatan ini kami juga mengenalkan keindahan wisata alam Indonesia, kami harapkan dengan mengenalkan ekowisata seperti di Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Jambi, dan banyak tempat lainnya akan membantu menarik investasi masuk ke Indonesia,” kata Wiratno.

Dalam kegiatan bisnis forum, KLHK juga memperkenalkan 12 jenis kayu tropis Indonesia siap ekspor seperti benuang, bintangur, duabanga, jabon, matoa, nyatoh, nyawai, resak, samama, sindur, gerogong, dan Medang. Sebanyak 12 jenis kayu siap ekspor dan juga berbagai produk UMKM dari hasil hutan kayu dan hasil hutan bukan kayu, ditampilkan kepada pengunjung Expo 2020 Dubai di area rolling exhibition Paviliun Indonesia.

Forum bisnis ini juga dihadiri secara daring oleh Wakil Menteri KLHK, Alue Dohong dan sejumlah calon investor dan pembeli yang hadir secara langsung di Business Lounge Paviliun Indonesia, meliputi pelaku usaha terkait kertas, mebel, kerajinan, plywood, konstruksi bahan bangunan, dan hasil hutan bukan kayu. (OL-8)

Baca Juga

AFP

Junta Myanmar Tegaskan tidak Ada Negosiasi dengan Pembangkang

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 09:25 WIB
Negara di Asia Tenggara itu berada dalam kekacauan sejak kudeta, Februari lalu. Lebih dari 1.100 orang tewas dalam tindakan keras terhadap...
AFP/Osvaldo Silva

Erdogan Usir 10 Duta Besar dari Turki

👤Basuki Eka Purnama, Nur Aivanni 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 07:45 WIB
Ke-10 duta besar itu, Senin (18/10), mengeluarkan sebuah pernyataan bersama yang menyebut penahanan filantropis dan aktivis Osman Kavala...
AFP/Fayez Nureldine.

PBB Desak Saudi Segera Bebaskan Tahanan Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:56 WIB
Kelompok itu menekankan bahwa pemerintah Saudi gagal membangun dasar hukum untuk penangkapan dan penahanan Mohammed Al Khoudary dan Hani Al...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya