Kamis 07 Oktober 2021, 17:06 WIB

Dalam Kunjungannya, Senator Prancis Sebut Taiwan Sebagai 'Negara'

Nur Aivanni | Internasional
Dalam Kunjungannya, Senator Prancis Sebut Taiwan Sebagai

CNA Pool / POOL / AFP
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (kanan) menyambut Senator Prancis Alain Richard di Kantor Kepresidenan, Taipei, Taiwan, Kamis (7/10).

 

KEPALA delegasi senator Prancis, pada Kamis (7/10), menyebut Taiwan sebagai "negara" selama kunjungan ke Taipei.

Alain Richard, mantan Menteri Pertahanan Prancis, tiba pada Rabu (6/10) untuk kunjungan selama lima hari meskipun ada peringatan berulang kali dari Kedutaan Besar Tiongkok di Paris.

Dalam pidatonya setelah dia diberi medali kehormatan tertinggi oleh Presiden Tsai Ing-wen, Richard mengatakan kedutaan de facto Taiwan di Paris telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam mewakili negaranya.

Prancis, seperti kebanyakan negara, secara resmi mengakui Tiongkok yang mengklaim Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri sebagai bagian dari wilayahnya.

Beijing mencoba untuk menjaga pulau itu tetap terisolasi di panggung dunia dan menolak penggunaan nama Taiwan atau referensi apa pun untuk itu sebagai sebuah negara.

Tiongkok telah meningkatkan tekanan pada pemerintah Tsai sejak kemenangannya dalam pemilihan 2016 dan telah secara agresif mencoba untuk mencegah politisi berkunjung dalam beberapa tahun terakhir.

Kedutaan Besar Tiongkok di Paris memperingatkan bahwa kunjungan itu akan merusak kepentingan Tiongkok, hubungan Tiongkok-Prancis dan "citra Prancis", dalam komentar di situs webnya.

Duta Besar Beijing menulis surat kepada Richard pada Februari, yang mengatakan bahwa kunjungan itu jelas akan melanggar prinsip satu-Tiongkok dan mengirim sinyal yang salah kepada pasukan pro-kemerdekaan di Taiwan.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Taiwan memuji perjalanan itu sebagai simbol dari desakan Taiwan dan Prancis, sebagai mitra demokratis, dalam menegakkan nilai-nilai kebebasan dan demokrasi.

"Kami sangat tersentuh karena Senator Richard tidak gentar dengan tekanan itu... untuk melakukan kunjungan ketiganya ke Taiwan," kata Tsai, pada Kamis (7/10).

Dia menyebut resolusi yang diusulkan Richard untuk mendukung partisipasi internasional Taiwan, yang disahkan oleh senat Prancis pada Mei 2021, sebagai "tonggak sejarah" dalam hubungan. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

SAUL LOEB / AFP

AS-Korsel Serukan Jaga Kawasan Indo-Pasifik Tetap Bebas dan Terbuka

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:46 WIB
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol bersepakat kawasan Indo-Pasifik tetap bebas dan terbuka serta...
AFP/Nicholas Kamm.

Kepala HAM PBB akan Lakukan Perjalanan Penting ke Xinjiang Tiongkok

👤Nur AivanniĀ  🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:16 WIB
Misi selama enam hari Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet itu menyusul permintaan bertahun-tahun untuk akses yang bermakna...
UKRAINIAN INTERIOR MINISTRY PRESS SERVICES/AFP.

8 Orang Terluka dalam Serangan Rusia di Pusat Budaya Ukraina

👤Nur AivanniĀ  🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:30 WIB
Gubernur regional Kharkiv Oleg Sinegubov mengatakan delapan orang terluka, termasuk seorang gadis berusia 11...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya