Rabu 08 September 2021, 08:24 WIB

Banjir Melanda Rumah Sakit di Meksiko, 17 Pasien Meninggal

 Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Banjir Melanda Rumah Sakit di Meksiko, 17 Pasien Meninggal

FRANCISCO VILLEDA / AFP
Anggota militer Meksiko mengevakuasi warga dari Rumah Sakit IMSS di Tula de Allende, Negara Bagian Hidalgo, Meksiko, Selasa (7/9).

 

SEDIKITNYA 17 pasien meninggal setelah banjir melanda sebuah rumah sakit di Meksiko tengah dan mengganggu pasokan listrik.

“Fasilitas di Negara Bagian Hidalgo terendam setelah sungai meluap setelah hujan lebat,” kata pemerintah di Twitter pada Selasa (7/9).

Lebih dari 40 pasien lain di rumah sakit umum di kota Tula dievakuasi oleh petugas layanan darurat, dan penilaian awal menunjukkan sekitar 2.000 rumah mengalami kerusakan akibat banjir, jelas pemerintah Meksiko dalam sebuah pernyataan.

“Rumah sakit kebanjiran dalam hitungan menit dan pemadaman listrik mengganggu perawatan oksigen,” kata Zoe Robledo, direktur umum Institut Jaminan Sosial Meksiko, yang mengoperasikan fasilitas itu.

“Empat puluh dari 56 pasien selamat,” imbuhnya.

Gubernur Hidalgo Omar Fayad mengatakan kepada media lokal bahwa setidaknya 15 dari 17 kematian adalah pasien Covid-19.

Media lokal mengatakan kematian terjadi ketika banjir yang disebabkan oleh hujan berhari-hari memadamkan listrik di rumah sakit.

Dalam gambar yang dibagikan oleh Fayad di media sosial, perawat mendorong tempat tidur keluar dari rumah sakit untuk mencoba membawa pasien ke tempat yang aman. Beberapa perawat berlutut di air.

Rekaman video juga menunjukkan bagaimana pasien, beberapa di antaranya diintubasi, dipindahkan ke speedboat.

Pemerintah mengerahkan militer serta pekerja air dan listrik untuk menangani dampak di Tula, yang menanggung beban terberat dari hujan lebat yang telah membasahi sebagian besar wilayah Meksiko.

Dua orang lagi tewas di Ecatepec, pinggiran Mexico City di mana banjir mengubah jalan menjadi sungai, menurut para pejabat.

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador di Twitter mendesak warga yang berisiko untuk mencari tempat berlindung, daerah yang lebih tinggi atau pergi ke teman atau kerabat.

“Banyak hujan turun di Lembah Meksiko dan hujan akan terus turun,” katanya. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

Baca Juga

AFP

Biden Akan Bahas Ukraina dengan Sekutu NATO

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 09 Desember 2021, 08:25 WIB
Presiden AS Joe Biden menelepon anggota NATO Eropa Timur pada Kamis (9/12) untuk membahas KTT-nya secara daring dengan Presiden Rusia...
DOK Salesforce.

Salesforce Donasikan Rp7,2 Miliar untuk UNICEF di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 07:48 WIB
UNICEF akan menggunakan bantuan dari Salesforce untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat terdampak di Indonesia, khususnya perempuan...
AFP/Daniel LEAL

Inggris Perketat Pembatasan Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Desember 2021, 06:37 WIB
Johnson mengatakan tingkat kasus covid-19 varian Omicron berlipat ganda setiap dua hingga tiga hari sehingga mengancam daya tampung rumah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya