Senin 06 September 2021, 10:28 WIB

Menlu AS Terbang ke Qatar untuk Bahas Krisis Afghanistan

Nur Aivanni | Internasional
Menlu AS Terbang ke Qatar untuk Bahas Krisis Afghanistan

Kevin Dietsch/Getty Images/AFP
Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken.

 

MENTERI Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken, pada Minggu (6/9), terbang menuju ke Qatar dalam perjalanan pertamanya sejak Taliban mengambil alih Afghanistan.

Qatar, sebuah pangkalan militer utama AS, telah menjadi pintu gerbang bagi 55.000 orang yang diterbangkan keluar dari Afghanistan, hampir setengah dari total yang dievakuasi oleh pasukan pimpinan AS setelah kemenangan cepat Taliban di tengah penarikan AS.

Blinken kemudian pada Rabu akan menuju ke pangkalan udara AS Ramstein di Jerman, rumah sementara bagi ribuan warga Afghanistan yang pindah ke Amerika Serikat.

Blinken mengatakan bahwa di Qatar dia akan mengucapkan terima kasih yang mendalam atas semua yang mereka lakukan untuk mendukung upaya evakuasi.

Dia juga akan bertemu dengan warga Afghanistan yang diselamatkan serta diplomat AS, yang telah memindahkan fungsi dari kedutaan yang ditutup di Kabul ke Doha.

Selain itu, dia juga akan berbicara dengan Qatar tentang upaya bersama Turki untuk membuka kembali bandara Kabul. Itu merupakan prioritas mendesak yang diperlukan untuk menerbangkan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan dan mengevakuasi warga Afghanistan yang tersisa.

Taliban telah berjanji bahwa mereka akan terus membiarkan warga Afghanistan pergi jika mereka mau - salah satu masalah utama yang diharapkan akan dibahas oleh sekutu AS dalam pembicaraan di Jerman. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

Dok MI

AS dan Tiongkok Terus Dominasi Indo-Pasifik

👤Nur Aivanni  🕔Senin 06 Desember 2021, 17:03 WIB
Asia Power Index mempertimbangkan berbagai ukuran, termasuk kemampuan ekonomi dan militer, hubungan ekonomi dan jaringan pertahanan, serta...
AFP/SHAMIL ZHUMATOV

Rusia akan Terbangkan Miliarder Jepang ke ISS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:15 WIB
Maezawa dan asistennya akan menghabiskan 12 hari di ISS dengan mendokumentasikan petualangan mereka di kanal Youtube milik Maezawa yang...
AFP/Handout / MYANMAR MINISTRY OF INFORMATION

Pengadilan Myanmar akan Jatuhkan Vonis Pertama dalam Persidangan Suu Kyi, Hari Ini

👤Nur Aivanni 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:14 WIB
Jika terbukti bersalah, Suu Kyi dan Presiden Myanmar yang digulingkan Win Myint, masing-masing menghadapi hukuman penjara hingga lima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya