Jumat 03 September 2021, 17:08 WIB

Inggris Beri Dana Bagi Negara Tetangga Afghanistan yang Tampung Pengungsi

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Inggris Beri Dana Bagi Negara Tetangga Afghanistan yang Tampung Pengungsi

AFP
Pengungsi Afghanistan

 

INGGRIS mengatakan bahwa pihaknya akan mengeluarkan £30 juta atau Rp 591 miliar bantuan untuk mendukung negara-negara tetangga Afghanistan yang berurusan dengan pengungsi yang melarikan diri dari negara itu sejak Taliban mengambil alih.

Pemerintah Inggris mengatakan £10 juta akan segera diberikan kepada badan pengungsi PBB UNHCR dan kelompok kemanusiaan lainnya untuk membantu dengan tempat penampungan dan fasilitas sanitasi di perbatasan. Sisanya akan dikirim ke negara-negara yang menerima sejumlah besar pengungsi untuk menyediakan layanan dan pasokan penting, katanya.

"Sangat penting bahwa kami membantu mereka yang melarikan diri dari Afghanistan dan tidak membiarkan krisis di sana merusak stabilitas regional," kata Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab pada Juma (3/9).


UNHCR mengatakan hingga setengah juta warga Afghanistan bisa meninggalkan tanah air mereka pada akhir tahun ini. Banyak yang melarikan diri dari negara itu diyakini menuju ke Pakistan, sementara tetangga Afghanistan lainnya, Tajikistan, telah berjanji untuk menerima 100.000 pengungsi.

Inggris sendiri telah mengatakan akan membawa sekitar 20.000 pengungsi Afghanistan, dengan 5.000 diperkirakan tiba pada tahun pertama. Awal bulan ini, Inggris mengumumkan akan menggandakan bantuan kemanusiaan dan pembangunan ke Afghanistan menjadi £286 juta tahun ini, dan Raab mengatakan pada kunjungan ke Qatar pada hari Kamis bahwa ada kebutuhan untuk terlibat dengan Taliban. (OL-8)

 

Baca Juga

Ilustrasi

Meksiko Laporkan Kematian Pertama Anak Karena Hepatitis Akut

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 08:02 WIB
Anak berusia tiga tahun yang berasal dari negara bagian tengah, Hildago, dipindahkan ke rumah sakit di Mexico City, namun meninggal pekan...
dok.Ant

Spanyol Catat 30 Kasus Cacar Monyet Bermula Dari Sauna

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 07:20 WIB
OTORITAS kesehatan di Spanyol melaporkan 23 kasus baru cacar monyet, terutama di wilayah Madrid di mana sebagian besar infeksi terkait...
ANTARA/Galih Pradipta

Ramos Horta Perlu Reset Proses Politik Timor Leste

👤Palce Amalo 🕔Jumat 20 Mei 2022, 21:28 WIB
PRESIDEN Timor Leste Ramos Horta dinilai mampu mengakhiri rentetan krisis politik di negara itu yang terjadi sejak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya