Rabu 01 September 2021, 09:34 WIB

Utusan Khusus Tiongkok Kunjungi Myanmar Selama Seminggu

 Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Utusan Khusus Tiongkok Kunjungi Myanmar Selama Seminggu

Ye Aung THU / AFP
Utusan khusus Tiongkok untuk urusan Asia Sun Guoxiang.

 

BEIJING mengungkapkan bahwa utusan khusus Tiongkok untuk urusan Asia telah menyelesaikan kunjungan mendadak selama seminggu ke Myanmar yang mencakup diskusi dengan pemimpin junta tentang masa depan politik negara itu.

Myanmar berada dalam kekacauan politik sejak militer menggulingkan pemerintah Aung San Suu Kyi pada Februari 2021, melancarkan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat.

Upaya internasional untuk membendung kekerasan telah gagal membuahkan hasil, dengan Uni Eropa menuduh sekutu junta, Rusia dan Tiongkok, menghalangi upaya di Dewan Keamanan PBB untuk memberlakukan embargo senjata.

“Utusan khusus Sun Guoxiang bertemu dengan pemimpin junta Min Aung Hlaing dan bertukar pandangan tentang lanskap politik di Myanmar,” kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kedutaan Beijing di Myanmar pada Selasa (31/8).

“Tiongkok mendukung upaya Myanmar untuk memulihkan stabilitas sosial dan melanjutkan transformasi demokrasi sedini mungkin,” imbuhnya.

Pernyataan pada kunjungan Sun yang berlangsung pada 21-28 Agustus 2021 tidak menyebutkan pertemuan apa pun dengan pemerintah bayangan anggota parlemen dari partai terguling Suu Kyi, yang bersikeras bahwa mereka adalah otoritas sah Myanmar.

Beijing menikmati pengaruh luar biasa atas Myanmar, dan sejauh ini menolak menyebut aksi militer itu sebagai kudeta.

Sun memainkan peran dalam pembicaraan damai sebelumnya antara militer Myanmar dan berbagai kelompok etnis, beberapa di antaranya menjalin aliansi dengan Beijing, menurut para analis.

Myanmar juga merupakan bagian penting dari inisiatif infrastruktur Belt and Road yang besar di Beijing.

Tahun lalu, Presiden Tiongkok Xi Jinping mengunjungi negara itu dan berjanji untuk mendukung pemerintah Myanmar di jalur pembangunan yang sesuai dengan kondisi nasionalnya sendiri.

Media pemerintah Tiongkok pada hari Selasa melaporkan keberhasilan penyelesaian perjalanan uji yang membawa kargo di sepanjang jalur rel laut-jalan baru yang menghubungkan Tiongkok barat daya ke Samudra Hindia melalui Myanmar. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

Baca Juga

Sun Can/Xinhua

14,2 Juta Warga Tiongkok Berebut Posisi PNS

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 13:10 WIB
Sekitar 1,42 juta warga Tiongkok bersaing ketat memperebutkan 31.200 posisi sebagai pegawai negeri sipil setempat untuk formasi tahun...
nytimes.com

Omicron Makin Banyak Ditemukan di Berbagai Negara

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 11:58 WIB
Penemuan kasus Omicron membuat negara-negara meningkatkan...
AFP

Inggris dan Israel Berupaya Keras Mencegah Iran Jadi Kekuatan Nuklir

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 09:38 WIB
Inggris dan Israel akan "bekerja siang dan malam" dalam mencegah Iran menjadi kekuatan nuklir, demikian tekad yang dinyatakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya