Senin 23 Agustus 2021, 12:44 WIB

Presiden Iran Minta Jepang untuk Lepaskan Dana yang Dibekukan

Nur Aivanni | Internasional
Presiden Iran Minta Jepang untuk Lepaskan Dana yang Dibekukan

Iranian Presidency / AFP
Presiden Iran Ebrahim Raisi (kanan) bertemu Menlu Jepang Toshimitsu Motegi di Tehran, Iran, Minggu (23/8).

 

PRESIDEN Iran Ebrahim Raisi meminta Jepang untuk mencairkan dana mereka yang dibekukan akibat sanksi Amerika Serikat (AS) atas program nuklirnya.

"Menunda pelepasan aset Iran di bank-bank Jepang itu tidak dapat dibenarkan," kata Raisi, kepada Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi yang tengah melakukan lawatan, menurut situs web pemerintah, pada Minggu (22/8).

Jepang dan Korea Selatan diketahui merupakan pengekspor utama bidang teknologi ke Iran dan memegang miliaran dolar AS aset Republik Islam tersebut.

Dana Iran sendiri dibekukan sejak mantan Presiden AS Donald Trump secara sepihak menarik Washington dari kesepakatan nuklir dan menerapkan kembali sanksi terhadap Teheran pada 2018.

Pada Juli 2021, Washington mengizinkan Iran untuk menggunakan dana yang dibekukan untuk melunasi utang di Korea Selatan dan Jepang, namun berkukuh tidak mengizinkan transfer apa pun ke Teheran.

Pembicaraan antara Iran dan sejumlah kekuatan dunia yang bertujuan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 terhenti sejak akhir Juni. Amerika Serikat sendiri terlibat secara tidak langsung dalam pembicaraan tersebut.

Motegi tiba di Teheran pada Minggu (22/8) pagi setelah mengunjungi Turki dan Irak sebagai bagian lawatan regional. Dia juga dikabarkan akan mengunjungi Qatar.

Pada jumpa pers usai pertemuan dengan Raisi, Motegi mengatakan kedua pihak membahas situasi di Afghanistan paska Taliban berkuasa di Kabul.

Motegi pun mengaku setuju dengan Iran, Turki, dan Irak tentang perlunya bekerja sama untuk menghindari Afghanistan menjadi "faktor destabilisasi lebih lanjut". (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

BPMI Setpres

Presiden: Rusia Harus Bantu ASEAN Jaga Stabilitas Kawasan

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:49 WIB
Jokowi mengungkapkan kemitraan ASEAN-Rusia yang telah terjalin lama bisa menjadi penyangga stabilitas...
AFP

AS Kecam Pengambilalihan Kekuasaan oleh Militer Sudan

👤Nur Aivanni  🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:14 WIB
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengutuk pengambilalihan kekuasaan oleh militer Sudan dan penangkapan para pemimpin sipil negara...
AFP/Ahmad Gharabli.

Israel Perintahkan Dua Saudara Palestina Hancurkan Rumah Mereka

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:00 WIB
Perintah militer memberi batas waktu kepada Jahalin bersaudara itu sampai 1 November untuk melaksanakan perintah pembongkaran...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kebut Penyelesaian Sanksi WADA

Satgas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA akan bekerja lebih cepat mengingat jadwal kompetisi internasional yang padat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya