Senin 23 Agustus 2021, 07:58 WIB

PM Inggris: Para Pemimpin G7 akan Bahas Krisis Afghanistan

Nur Aivanni | Internasional
PM Inggris: Para Pemimpin G7 akan Bahas Krisis Afghanistan

PRU / AFP
Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson.

 

PERDANA Menteri (PM) Inggris Boris Johnson, pada Minggu (22/8), mengumumkan bahwa para pemimpin G7 akan membahas krisis di Afghanistan pada Selasa (24/8) dalam pertemuan puncak virtual.

"Sangat penting bahwa komunitas internasional bekerja sama untuk memastikan evakuasi yang aman, mencegah krisis kemanusiaan dan mendukung rakyat Afghanistan untuk mengamankan kemajuan dalam 20 tahun terakhir," cuit Johnson.

Sekutu Barat telah menghadapi kritik yang meningkat atas penanganan mereka terhadap krisis di Afghanistan di tengah situasi kacau ketika ribuan orang Afghanistan dan orang asing mencoba melarikan diri dari Kabul.

Setelah pertemuan virtual pada Kamis, menteri luar negeri G7 mendesak Taliban untuk memberikan jalan yang aman bagi mereka yang mencoba untuk melarikan diri dari ibukota, kata pernyataan resmi pertama blok tersebut tentang krisis.

Kantor Johnson mengatakan pemimpin Inggris itu juga berbicara dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Minggu (22/8) tentang krisis tersebut, ketika Taliban fokus pada pembentukan pemerintahan di Kabul.

"Para pemimpin berbagi pandangan bahwa setiap pemerintahan baru harus mewakili populasi Afghanistan yang beragam dan melindungi hak-hak perempuan dan minoritas, dan bahwa Taliban akan dinilai berdasarkan tindakan mereka, bukan kata-kata mereka dalam hal ini," kata Downing Street dalam ringkasan percakapan mereka.

"Mereka sepakat bahwa negara-negara harus berkomitmen untuk membagi beban pada bantuan dan pengungsi, mencatat bahwa koordinasi PBB akan menjadi pusat upaya itu," tambahnya. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP/Mohd Rasfan

WHO Peringati Asia-Pasifik Bersiap Hadapi Lonjakan Infeksi Covid-19 Varian Omicron 

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 16:57 WIB
Varian tersebut telah dilaporkan di belasan negara dan mulai memasuki Asia minggu ini, dengan kasus dilaporkan dari Australia, Jepang,...
Medcom.id/Annisa Ilustrasi virus korona (covid-19).

Malaysia Deteksi Kasus Pertama Varian Omicron

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:15 WIB
Portal berita Malaysiakini melaporkan, siswa tersebut saat ini dikarantina bersama dengan lima orang lainnya yang berada di bus bersama...
Medcom.id

AS Tidak Yakin akan Kesepakatan Nuklir Iran

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:58 WIB
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett telah menyerukan penghentian pembicaraan, yang dilanjutkan pada hari Senin. Blinken menolak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya