Rabu 04 Agustus 2021, 09:13 WIB

Gubernur New York Terlibat Pelecehan Seksual, Biden: Dia Harus Mundur

 Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Gubernur New York Terlibat Pelecehan Seksual, Biden: Dia Harus Mundur

Johannes EISELE / AFP
Gubernur New York Andrew Cuomo dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap sejumlah wanita.

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan Gubernur New York Andrew Cuomo harus mengundurkan diri setelah sebuah laporan dari jaksa agung negara bagian menemukan bahwa gubernur itu melecehkan seksual terhadap banyak wanita.

Saat ditanya apakah Biden mendukung pernyataan awal tahun ini yang mengatakan Cuomo harus mundur jika tuduhan pelecehan seksual dikonfirmasi oleh jaksa agung, Biden menjawab, "Ya."

"Saya pikir dia harus mengundurkan diri," tambah Biden.

Jaksa Agung Negara Bagian New York, Letitia James, mengatakan pada Selasa (3/8) bahwa Cuomo melakukan sentuhan yang tidak diinginkan dan ciuman terhadap pegawai negeri dan mantan pegawai negeri serta wanita di luar pemerintahan Negara Bagian New York.

Dia dan stafnya juga membalas setidaknya satu mantan karyawan karena mengungkap ceritan pelecehan seksual. Pernyataan disampaikan Jaksa Agung  James pada konferensi pers pada Selasa (3/8) tentang laporan yang merinci perilaku Cuomo.

Jaksa Agung James mengatakan gubernur telah melanggar hukum negara bagian dan federal.

Demokrat yang mewakili negara bagian di Kongres, termasuk Senator Chuck Schumer dan Kirsten Gillibrand, serta Ketua DPR Nancy Pelosi, telah meminta Cuomo untuk mengundurkan diri, dan anggota parlemen negara bagian telah mengindikasikan dia mungkin dimakzulkan jika dia menolak.

Cuomo yang menolak temuan James dan membantah tuduhan pelecehan dalam pernyataannya yang direkam sebelumnya, menampilkan montase foto dirinya menyentuh wajah orang asing.

Cuomo mengatakan perilaku itu hanya dimaksudkan untuk menyampaikan kehangatan.

"Saya tidak pernah menyentuh siapa pun secara tidak pantas atau melakukan pendekatan seksual yang tidak pantas," ucap Cuomo yang kini berusia 63 tahun.

"Itu bukan siapa saya atau siapa saya yang pernah ada,” imbuh politikus dari Partai Demokrat.

Cuomo mengeluarkan laporannya sendiri setebal 85 halaman yang membantah tuduhan tersebut. Biden mengatakan dia belum berbicara dengan Cuomo pada hari Selasa.

Ditanya tentang penyangkalan Cuomo, Biden mengatakan, "Saya tidak akan menertawakan ini. Saya yakin ada beberapa pelukan yang sama sekali tidak bersalah.”

Tetapi Biden mengakui dia belum membaca laporan James, yang merinci tuduhan dari 11 wanita, termasuk seorang polisi negara bagian pada detail keamanannya. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

Baca Juga

nytimes.com

10 Ribu Migran Mayoritas dari Haiti Tinggal di Bawah Jembatan Texas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:48 WIB
Lebih dari 10.000 migran sebagian besar warga Haiti ditempatkan di sebuah kamp kumuh di bawah jembatan di Texas selatan pada Jumat...
BULENT KILIC / AFP

Taliban Larang Anak Perempuan Kembali ke Sekolah Menengah

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 18 September 2021, 16:16 WIB
Sekolah menengah, dengan siswa biasanya berusia antara 13 dan 18 tahun, sering dipisahkan berdasarkan jenis kelamin di...
AFP

Presiden Argentina Umumkan Kabinet Baru Pascakrisis Politik

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 18 September 2021, 15:05 WIB
Langkah Alberto Fernandez bertujuan meredam krisis politik di Argentina, yang dipicu pemilihan pendahuluan legislatif pada pekan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya