Selasa 03 Agustus 2021, 11:15 WIB

Sudah 70% Warga Dewasa AS Divaksin Covid-19 Dosis 1

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Sudah 70% Warga Dewasa AS Divaksin Covid-19 Dosis 1

dok.medcom
Ilustrasi vaksinasi Covid-19

 

GEDUNG Putih mengumumkan bahwa 70% orang dewasa AS sudah menerima setidaknya satu suntikan vaksin covid-19, Senin (2/8). Hal ini mencapai target yang awalnya Presiden Joe Biden harapkan dapat dicapai pada 4 Juli lalu.

Pemerintah melaporkan berita itu dalam sebuah tweet yang memuji "Tonggak Sejarah Senin" oleh Cyrus Shahpar, direktur data covid-19 pemerintah, yang mengatakan rata-rata tujuh hari orang yang menerima dosis pertama mereka mencapai 320.000 warga. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak liburan Hari Kemerdekaan.

Pejabat kesehatan dan pemerintah dalam beberapa hari terakhir menyebutkan kebangkitan virus korona sebagai "pandemi orang yang tidak divaksinasi". Pernyataan itu menyoroti bahwa wilayah negara dengan penyebaran paling banyak adalah mereka yang memiliki tingkat vaksinasi lebih rendah dari rata-rata, dan hampir semua rawat inap dan kematian sekarang termasuk di antara mereka yang menolak untuk divaksinasi.

“Komunitas yang divaksinasi lengkap umumnya bernasib baik,” kata direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Rochelle Walensky, mencatat bahwa infeksi “terobosan” pada orang yang divaksinasi jarang terjadi.

Tetapi dengan orang-orang yang tidak divaksinasi semakin berisiko, Walensky mengatakan pada pengarahan tim coronavirus Gedung Putih pada hari Senin, “Meskipun kita sangat ingin menyelesaikan pandemi ini, covid-19 jelas tidak selesai dengan kita, sehingga pertempuran kita harus berlangsung agak lebih lama.”

AS melaporkan rata-rata 72.000 kasus baru covid-19 per hari, lebih tinggi dari lonjakan musim panas lalu, ketika vaksin masih dalam pengembangan dan kasus harian baru mencapai 68.700, menurut CDC. Kasus tetap jauh lebih rendah daripada puncak pandemi awal Januari 2021, yang mencatat lebih dari 250.000 kasus baru sehari karena vaksin mulai tersedia lebih luas.

Pada hari Senin, sebuah studi negara bagian yang diterbitkan oleh Kaiser Family Foundation mengungkapkan bahwa kurang dari 1% orang yang divaksinasi lengkap mengalami infeksi terobosan, mulai dari 0,01% di Connecticut hingga 0,9% di Oklahoma.

Selain itu, lebih dari 90% dari semua kasus, dan lebih dari 95% yang mengakibatkan rawat inap atau kematian, termasuk di antara orang yang tidak divaksinasi, studi tersebut menemukan.

Angka yang diterbitkan oleh CDC pada hari Senin menambahkan bahwa 49,7% dari populasi AS yang memenuhi syarat sekarang telah divaksinasi sepenuhnya, dan permintaan untuk suntikan telah meningkat sebesar 28% dari seminggu yang lalu untuk mencapai rata-rata harian baru 673.185 vaksinasi yang diberikan.

Seorang pejabat senior administrasi Biden mengatakan pada hari Jumat bahwa Gedung Putih merasa frustrasi dengan apa yang dilihatnya sebagai laporan "alarmist" oleh beberapa media atas varian Delta, dan khawatir bahwa liputan kasus terobosan langka dapat menyebabkan lebih banyak keraguan terhadap vaksin.

Presiden mengatakan dia ingin negara itu mencapai 70% setidaknya sebagian divaksinasi pada liburan awal Juli, tetapi koordinator respons virus corona Gedung Putih, Jeff Zients, mengakui pada Juni bahwa negara itu akan membutuhkan "beberapa minggu tambahan" karena keengganan warga yang berusia 18 hingga 26 tahun untuk mendapatkan suntikan.

Sementara itu, pandemi terus menggigit di sekitar AS pada hari Senin.

Di Florida, hotspot C covid-19 negara saat ini, yang menyumbang satu dari lima kasus baru, rumah sakit mengalami apa yang digambarkan oleh seorang pejabat sebagai lonjakan "mengerikan" pada pasien yang lebih muda. Itu termasuk banyak di bawah 12 tahun, terlalu muda untuk memenuhi syarat untuk vaksin, dan remaja yang memenuhi syarat tetapi telah memilih untuk tidak mendapatkannya.

Kasus Covid Naik

Peningkatan rawat inap anak terjadi ketika negara bagian terus memimpin negara dalam infeksi baru, setelah mencatat rekor selama akhir pekan untuk jumlah kasus harian tertinggi dan penerimaan rumah sakit sejak pandemi melanda AS pada Januari 2020.

Itu juga mengkhawatirkan kepala pendidikan, termasuk pengawas distrik sekolah terbesar keempat di negara itu, Miami-Dade, yang sedang mempertimbangkan untuk menentang larangan mandat masker yang diberlakukan oleh gubernur Florida, Ron DeSantis, minggu lalu.

Sekolah-sekolah di sana kembali dari liburan musim panas pada 23 Agustus dan Alberto Carvalho mengatakan distriknya akan "mengikuti sains" dalam menentukan apakah akan mewajibkan staf dan siswa untuk memakai masker.

"Kami telah menjadi distrik yang diinformasikan dengan baik oleh sains, oleh pakar medis dan pakar kesehatan masyarakat dan itu tidak akan berubah," kata pengawas itu kepada dewan editorial Miami Herald. Penasihat distrik termasuk Vivek Murthy, ahli bedah umum AS, yang lulus sekolah menengah di Miami.

Rumah sakit anak melaporkan jumlah penerimaan yang lebih tinggi karena varian Delta yang sangat menular menyebar, menurut Asosiasi Rumah Sakit Florida (FHA).

"Apa yang Anda dengar musim semi lalu tentang virus ini kebanyakan menargetkan manula dan mereka yang memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya tidak benar hari ini," kata Mary Mayhew, presiden dan kepala eksekutif kelompok itu.

“Virus ini memiliki target baru, orang yang tidak divaksinasi dan orang yang lebih muda. Orang-orang yang sebelumnya sehat dari remaja hingga 40-an sekarang menemukan diri mereka di rumah sakit dan menggunakan ventilator,” tambahnya.

Walikota Broward county, Steve Geller, mengatakan pada hari Senin bahwa peningkatan tajam dalam kasus dan penerimaan rumah sakit mengkhawatirkan.

“Sayangnya, kabupaten Dade dan Broward memimpin negara dalam rawat inap. Jumlahnya berlipat ganda setiap 10 atau 11 hari, ini mengerikan," katanya kepada afiliasi ABC News Miami.

Setidaknya 33 rumah sakit di Florida melaporkan "kekurangan staf yang kritis" pada hari Senin, Associated Press melaporkan, dengan rumah sakit Jackson Memorial di Miami menambahkan 58 tempat tidur perawatan intensif untuk mengatasi lonjakan covid-19.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS mengatakan 10.389 pasien dirawat di rumah sakit dengan covid-19 di Florida pada Senin. Beberapa kabupaten mengatakan mereka menambahkan situs pengujian.

Negara bagian lain, terutama Mississippi dan Louisiana, juga melaporkan peningkatan kasus dan penerimaan rumah sakit. (The Guardian/OL-13)

Baca Juga: Kapolri Targetkan 70% Vaksinasi di Hari Kemerdekaan, Ini Strateginya

Baca Juga

AFP/William West

Australia-Singapura Segera Buka Travel Bubble dengan Bebas Karantina

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:27 WIB
Rencana kebijakan itu akan dimulai minggu depan. Pengaturan pertama akan difokuskan bagi pelajar dan pelancong bisnis yang sudah...
AFP/Saudi Royal Palace/Bandar Al-Jaloud.

Ini Syarat Saudi kepada AS untuk Normalisasi Hubungan dengan Israel

👤Mediaindonesia.co 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:05 WIB
Pemimpin Saudi mengatakan kepada Sullivan bahwa membangun hubungan diplomatik penuh dengan Israel akan memakan waktu dan sejumlah langkah...
Antara

Menlu RI: Perkuat Kerja Sama Negara Pasifik Lewat Pasific Exposition

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 20:40 WIB
Kegiatan yang mencakup pameran perdagangan, investasi dan pariwisata di kawasan Pasifik, diselenggarakan pada 27-30 Oktober 2021...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya