Kamis 22 Juli 2021, 22:45 WIB

Perusahaan di Luar Israel juga Bikin Spyware

Mediaindonesia.com | Internasional
Perusahaan di Luar Israel juga Bikin Spyware

AFP/Joel Saget.
NSO Group.

 

BANYAK perusahaan Israel yang membuat spyware atau perangkat lunak untuk memata-matai seseorang lewat smartphone-nya. Ada banyak faktor kita melihat banyak perusahaan Israel membuat hal itu.

Ron Deibert, direktur pusat penelitian Citizen Lab University of Toronto, mengatakan itu. Salah satunya yaitu sikap kewirausahaan terbuka dari badan spionase dunia maya Israel Unit 8200. 

Badan Israel itu yang, "Mendorong lulusan mereka untuk keluar dan mengembangkan perusahaan baru setelah dinas militer mereka," katanya kepada AFP. Dia menambahkan ada kecurigaan kuat bahwa Israel memperoleh intelijen strategis dari teknologi ini yang diberikan kepada pemerintah lain dengan menyedot beberapa informasi yang dikumpulkan.

Namun sementara Israel sekarang menghadapi seruan untuk membuat larangan ekspor teknologi semacam itu, ternyata ia bukan satu-satunya negara yang memiliki perusahaan spyware. Seperti Pegasus, FinFisher Jerman dipasarkan sebagai alat untuk membantu badan intelijen dan penegak hukum memerangi kejahatan. Tapi FinFisher juga menghadapi tuduhan bahwa alatnya telah digunakan untuk pengawasan sembrono, termasuk memata-matai jurnalis dan aktivis Bahrain.

Perusahaan Italia, Hacking Team, berada di pusat skandal seperti Pegasus pada 2015 ketika suatu kebocoran mengungkapkan bahwa mereka menjual spyware ke lusinan pemerintah di seluruh dunia. Sejak itu namanya diganti menjadi Memento Labs.

Baca juga: Bukan cuma Pegasus, Banyak Perusahaan Israel Bikin Spyware

Tidak semua perusahaan dalam industri bayangan ini berspesialisasi dalam jenis teknologi yang sama. Beberapa menjual alat yang meniru menara ponsel untuk membantu pihak berwenang mencegat panggilan telepon. Perusahaan lain, seperti Cellebrite, membantu pasukan polisi dari AS ke Botswana untuk membobol ponsel yang terkunci. (OL-14)

Baca Juga

AFP

Hong Kong Perketat Lagi Pembatasan Perjalanan

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 15:12 WIB
Sebagian besar pendatang dari luar negeri harus menjalani karantina selama 14-21 hari. Namun, Hong Kong memberikan pengecualian terhadap...
 ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Kepresidenan/Lukas/Handout

Presiden: Ekonomi ASEAN Harus Tumbuh Bersama

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 15:00 WIB
Kepala negara mengungkapkan ada dua strategi yang bisa diterapkan untuk merealisasi target percepatan pemulihan...
AFP/PPO.

Presiden Palestina Bela LSM yang Disebut Teroris oleh Israel

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 13:45 WIB
Abbas mengatakan kepada perwakilan LSM di kantornya di kota Ramallah Tepi Barat bahwa keputusan Israel ditolak dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya