Kamis 22 Juli 2021, 22:45 WIB

Perusahaan di Luar Israel juga Bikin Spyware

Mediaindonesia.com | Internasional
Perusahaan di Luar Israel juga Bikin Spyware

AFP/Joel Saget.
NSO Group.

 

BANYAK perusahaan Israel yang membuat spyware atau perangkat lunak untuk memata-matai seseorang lewat smartphone-nya. Ada banyak faktor kita melihat banyak perusahaan Israel membuat hal itu.

Ron Deibert, direktur pusat penelitian Citizen Lab University of Toronto, mengatakan itu. Salah satunya yaitu sikap kewirausahaan terbuka dari badan spionase dunia maya Israel Unit 8200. 

Badan Israel itu yang, "Mendorong lulusan mereka untuk keluar dan mengembangkan perusahaan baru setelah dinas militer mereka," katanya kepada AFP. Dia menambahkan ada kecurigaan kuat bahwa Israel memperoleh intelijen strategis dari teknologi ini yang diberikan kepada pemerintah lain dengan menyedot beberapa informasi yang dikumpulkan.

Namun sementara Israel sekarang menghadapi seruan untuk membuat larangan ekspor teknologi semacam itu, ternyata ia bukan satu-satunya negara yang memiliki perusahaan spyware. Seperti Pegasus, FinFisher Jerman dipasarkan sebagai alat untuk membantu badan intelijen dan penegak hukum memerangi kejahatan. Tapi FinFisher juga menghadapi tuduhan bahwa alatnya telah digunakan untuk pengawasan sembrono, termasuk memata-matai jurnalis dan aktivis Bahrain.

Perusahaan Italia, Hacking Team, berada di pusat skandal seperti Pegasus pada 2015 ketika suatu kebocoran mengungkapkan bahwa mereka menjual spyware ke lusinan pemerintah di seluruh dunia. Sejak itu namanya diganti menjadi Memento Labs.

Baca juga: Bukan cuma Pegasus, Banyak Perusahaan Israel Bikin Spyware

Tidak semua perusahaan dalam industri bayangan ini berspesialisasi dalam jenis teknologi yang sama. Beberapa menjual alat yang meniru menara ponsel untuk membantu pihak berwenang mencegat panggilan telepon. Perusahaan lain, seperti Cellebrite, membantu pasukan polisi dari AS ke Botswana untuk membobol ponsel yang terkunci. (OL-14)

Baca Juga

AFP/STR

Singapura akan Sumbang Rp1,4 Miliar untuk Upaya ASEAN Bantu Myanmar

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 03 Agustus 2021, 07:05 WIB
“Kami mendesak implementasi cepat dan efektif dari Konsensus Lima Poin yang disepakati pada Pertemuan Pemimpin ASEAN, 24 April...
AFP

AS Tolak Rencana Pemilu Myanmar

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 03 Agustus 2021, 06:50 WIB
AS menilai junta Myanmar mempermainkan waktu disaat Menlu AS Blinken bersiap untuk mendorong ASEAN untuk menunjuk seorang utusan. Namun,...
AFP/Luis Acosta

Uni Emirat Arab Mulai Berikan Vaksin untuk Anak Usia 3 Hingga 17 Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 20:05 WIB
Uni Emirat Arab (UAE) akan mulai menyuntikkan vaksin COVID-19 buatan Sinopharm, Tiongkok, pada anak-anak usia 3 hingga 17...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ini Adalah Pekerjaan Kita

POLDA Metro Jaya menggelar program Vaksinasi Merdeka dengan target seluruh warga DKI Jakarta sudah menerima vaksin covid-19 tahap pertama pada 17 Agustus 2021.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya