Rabu 21 Juli 2021, 17:05 WIB

Pandemi Terkendali, KBRI Oslo Selenggarakan Salat Ied Adha

Mediaindonesia.com | Internasional
Pandemi Terkendali, KBRI Oslo Selenggarakan Salat Ied Adha

Dok.KBRI Oslo
Suasana Salat Ied Adha di KBRI Oslo

 

KBRI Oslo menyelenggarakan ibadah salat berjemaah bagi masyarakat dan diaspora muslim Indonesia di Norwegia bertempat di halaman Wisma Indonesia, seiring dengan makin kondisifnya situasi pandemi Covid-19.

Salat Idul Adha dimulai tepat pukul 10.00 CET (waktu Oslo) dipimpin oleh Bapak Abdillah Suyuthi dan diikuti oleh sekitar 80 jemaah dengan berpedoman ketat pada protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Norwegian Institute of Public Health (NIPH).

Ketentuan pemerintah Norwegia memungkinkan suatu kegiatan dapat berlangsung di kediaman pribadi dengan jumlah maksimal peserta yang belum mendapatkan vaksinasi sebanyak 20 orang (termasuk anak-anak).

Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia dan Republik Islandia Todung Mulya Lubis mengatakan, para peserta dibolehkan mengikuti ibadah salat setelah sebelumnya diwajibkan menunjukkan bukti vaksinasi ketika melakukan registrasi online. “Protokol kesehatan yang kami terapkan sangat ketat. Jemaah yang mengikuti salat disini seluruhnya sudah divaksinasi minimal satu kali, diluar sebanyak 20 orang kategori un-protected yang belum divaksinasi, yang mayoritas adalah anak-anak,” terang dia.

Turut berjemaah dalam sholat Idul Adha Duta Besar KBRI Oslo Todung Mulya Lubis beserta keluarga, para staf KBRI Oslo, serta WNI dan diaspora Indonesia yang bekerja dan menuntut ilmu di wilayah kota Oslo dan sekitarnya.

Dalam pelaksanaannya, sebelum memasuki area sholat para jemaah diwajibkan membawa sajadah pribadi, menjaga jarak, berwudhu sebelumnya di rumah, dan selalu mengenakan masker sesuai peraturan pemerintah Norwegia.

Kegiatan salat berlangsung tertib dan khidmat selama 60 menit. Usai sholat, KBRI Oslo melaksanakan melaksanakan acara makan siang bersama dan halal bihalal sederhana dengan para peserta salat. Berbagai makanan khas hari raya Idul Adha seperti gulai kambing, lontong sayur, telur balado dan keripik kentang, es buah dan lainnya dihidangkan secara prasmanan. Jemaah yang pada saat registrasi telah diberikan kupon berisikan nomor urut, dipanggil bergantian untuk kemudian dipersilakan menuju tenda makanan dan mengambil makanan yang telah disiapkan.

Data otoritas kesehatan Norwegia menunjukkan, per 20 Juli 2021 sebanyak 3,246,349 orang telah mendapatkan vaksin pertama. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1,687,598 orang diantaranya telah memperoleh vaksin kedua. Dengan demikian, dapat diasumsikan Norwegia telah memvaksinasi sebanyak 45,9% dari populasi negara tersebut.

Pintu perbatasan Norwegia saat ini masih tetap tertutup untuk turis dari berbagai negara, tetapi lebih banyak orang perlahan-lahan diizinkan masuk. Ini termasuk pelancong yang divaksinasi penuh dari negara-negara UE/EEA. Pada  5 Juli 2021, daftar negara hijau telah diperluas secara signifikan. (RO/E-1)

Baca Juga

AFP/Luis Acosta

Uni Emirat Arab Mulai Berikan Vaksin untuk Anak Usia 3 Hingga 17 Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 20:05 WIB
Uni Emirat Arab (UAE) akan mulai menyuntikkan vaksin COVID-19 buatan Sinopharm, Tiongkok, pada anak-anak usia 3 hingga 17...
taiwannews.com.tw

Penyanyi Hong Kong Anthony Wong Dituduh Tindak Pidana Korupsi

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 19:25 WIB
Lembaga anti korupsi Hong Kong pada Senin (2/8) menuduh penyanyi dan aktivis pro-demokrasi terkenal, Anthony Wong, dengan "tindak...
AFP

India Laporkan 40.134 Kasus Baru Covid-19 dalam 24 Jam Terakhir

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 19:00 WIB
India melaporkan 40.134 kasus baru infeksi virus korona (COVID-19) dalam 24 jam terakhir, kata pernyataan pemerintah negara itu, Senin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya