Rabu 14 Juli 2021, 13:47 WIB

Lebih dari 60 Kebakaran Landa Wilayah Barat AS

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Lebih dari 60 Kebakaran Landa Wilayah Barat AS

Patrick T. FALLON / AFP
Petugas pemadam kebakaran melakukan upaya pencegahan kebakaran hutan di California Conservation Corps dekat Lake Oroville, AS, Mei lalu.

 

LEBIH dari 60 kebakaran hutan melanda sekitar 10 negara bagian di barat Amerika Serikat (AS) yang kering pada Selasa (13/7). Kebakaran terbesar dilaporkan terjadi di Oregon, yang memakan area hampir dua kali ukuran Portland.

Kebakaran telah menghanguskan rumah dan memaksa ribuan orang mengungsi dari Alaska ke Wyoming, menurut National Interagency Fire Center. Arizona, Idaho dan Montana menyumbang lebih dari setengah kebakaran besar yang aktif.

Kebakaran meletus saat barat mengalami serangan kedua suhu tinggi yang berbahaya hanya dalam beberapa minggu.

Kekeringan besar, yang diperburuk oleh krisis iklim, berkontribusi pada kondisi yang membuat kebakaran semakin berbahaya, menurut para ilmuwan.

Layanan Cuaca Nasional mengatakan gelombang panas tampaknya telah mencapai puncaknya di banyak daerah, dan peringatan panas yang berlebihan sebagian besar diperkirakan akan berakhir pada Selasa (13/7).

Namun, kondisi ini berlanjut hingga Selasa (13/7) malam di beberapa gurun California, dan banyak daerah diperkirakan masih akan mengalami puncaknya.

Di California utara, sepasang kobaran api yang disulut petir, yang dijuluki Kompleks Beckwourth kini 46% terkendali, menurut sebuah laporan insiden.

Petugas pemadam kebakaran menghabiskan waktu berhari-hari memerangi api yang dipicu oleh angin, cuaca panas, dan kelembapan rendah. Perintah evakuasi diberlakukan untuk lebih dari 3.000 penduduk di daerah utara yang terpencil dan wilayah tetangga Nevada.

Ada laporan tentang rumah yang terbakar, tetapi kerusakan masih dihitung. Api telah menghabiskan 140 mil persegi (362 km persegi) lahan, termasuk di hutan nasional Plumas.

Kebakaran yang dimulai pada hari Minggu di Sierra Nevada selatan taman nasional Yosemite meledak di lebih dari 14 mil persegi (36 km persegi) dan hanya dapat dipadamkan 10%.

Kebakaran terbesar di AS terjadi di perbatasan California di barat daya Oregon. Api Bootleg, yang berlipat ganda selama akhir pekan, mengancam sekitar 2.000 rumah, menurut pejabat pemadam kebakaran negara bagian. Kebakaran itu telah menghanguskan setidaknya tujuh rumah dan lebih dari 40 bangunan lainnya.

Tim McCarley mengatakan kepada KPTV-TV bahwa dia dan keluarganya diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka pada hari Jumat dengan api hanya beberapa menit di belakang mereka.

"Mereka menyuruh kami keluar karena jika tidak, kamu mati," katanya.

Dia menggambarkan api sebagai seperti firenado dengan api melompat puluhan kaki ke udara dan berkobar, menangkap pohon dan kemudian terdengar ledakan.

Api berkobar di kawasan hutan nasional Fremont-Winema, dekat kota kabupaten Klamath di Sungai Sprague. Peristiwa itu telah merusak area sekitar 240 mil persegi (621 km persegi), atau hampir dua kali ukuran Portland. Petugas pemadam kebakaran tidak berhasil mengepung semua api karena mereka berjuang untuk membangun garis penahanan.

Kebakaran mengganggu layanan pada tiga saluran transmisi yang menyediakan hingga 5.500 megawatt listrik ke California, dan operator jaringan listrik California telah berulang kali meminta penghematan daya sukarela selama jam malam.

Di tempat lain, kebakaran hutan dimulai saat badai petir di tenggara Washington tumbuh menjadi 86 mil persegi (223 km persegi).

Kebakaran lain di sebelah barat Winthrop menutup Jalan Raya Cascades Utara yang indah, rute paling utara melalui Cascade Range. Jalan ini menyediakan akses ke taman nasional North Cascades dan area rekreasi nasional Danau Ross.

Di Idaho, garda nasional telah dikerahkan untuk membantu memerangi kebakaran kembar yang dipicu petir yang bersama-sama menghanguskan hampir 24 mil persegi (62 km persegi) kayu kering di daerah terpencil yang dilanda kekeringan.

Secara total, ada 67 kebakaran besar aktif di AS, yang telah membakar lebih dari 1.434 mil persegi, menurut National Interagency Fire Center. Lebih dari 14.200 petugas pemadam kebakaran hutan, serta personel pendukung, ditugaskan untuk menangani insiden kebakaran.

“Ada peningkatan dramatis year to date pada tahun 2021 dibandingkan dengan tahun 2020. Dari 1 Januari hingga 13 Juli 2021, telah terjadi 33.953 kebakaran, dibandingkan dengan 27.770 pada periode yang sama tahun 2020,” kata pusat tersebut.

Gelombang panas bulan Juli 2021 mengikuti pengepungan suhu panas yang tidak biasa pada bulan Juni di barat dan terjadi di tengah kondisi kekeringan yang memburuk di seluruh wilayah.

Para ilmuwan mengatakan kerusakan iklim yang disebabkan manusia dan pemadaman kebakaran selama beberapa dekade yang meningkatkan beban bahan bakar telah memperburuk kondisi kebakaran di seluruh wilayah. (Aiw/The Guardian/OL-09)

Baca Juga

dok.Humas KBRI Kairo

HUT Ke-77 RI: Presiden Sisi Kirim Utusan Khusus ke Wisma KBRI Kairo

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 11:50 WIB
KBRI Kairo menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-77 RI Tahun 2022 secara hibrida, Rabu (17/8) pukul 08.00 di lapangan hijau...
AFP

Ledakan Bom Menyasar Masjid di Kabul, 20 Orang Tewas 

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 10:05 WIB
Pemerintah Afghanisttan yang dikuasai Taliban mengecam aksi keji tersebut yang disinyalir dilakukan kelompok...
AFP/Yoav LEMMER

PBB Mulai Rangkaian Pertemuan dengan Junta Militer Myanmar

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 09:21 WIB
Pertemuan pertama Heyzer dengan junta militer Myanmar itu akan menyoroti sejumlah isu yang menjadin perhatian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya