Senin 21 Juni 2021, 23:36 WIB

India Buka Vaksinasi Covid-19 Gratis untuk Orang Dewasa

Nur Aivanni | Internasional
India Buka Vaksinasi Covid-19 Gratis untuk Orang Dewasa

AFP
Ilustrasi

 

INDIA membuka vaksinasi gratis untuk semua orang dewasa dalam rangka untuk meningkatkan upaya inokulasi pada Senin (21/6). Upaya vaksinasi di negara itu telah melambat secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir karena kekurangan suntikan dan keragu-raguan.

Bahkan ketika negara itu berjuang melawan lonjakan kasus yang ganas pada April dan Mei yang membebani sistem perawatan kesehatan di banyak tempat.

Jumlah kasus sejak itu turun tajam dan pihak berwenang kembali melonggarkan banyak pembatasan. Itu kemudian memicu kekhawatiran munculnya gelombang lain.

Pemerintah telah memperluas peluncuran vaksin untuk memasukkan semua orang dewasa yang berusia di bawah 45 tahun pada 1 Mei, tetapi rumah sakit negara bagian dan swasta harus mendapatkan dan membeli suntikan itu sendiri untuk kelompok usia yang lebih muda, yang menyebabkan terjadinya kebingungan dan kekurangan.

Tetapi New Delhi kemudian mengubah taktik, dengan mengumumkan akan mendapatkan 75% pasokan vaksin dan mendistribusikannya ke negara bagian sehingga mereka dapat memvakinasi orang secara gratis.

Sejauh ini, sebanyak 275 juta suntikan sudah diberikan. Pemerintah bertujuan untuk menginokulasi hampir 1,1 miliar orang dewasa di India pada akhir tahun.

"Upaya vaksinasi diperkirakan akan meningkat sekarang. Vaksinasi harian telah meningkat selama seminggu terakhir dan diperkirakan akan semakin kuat," kata pakar kesehatan masyarakat Rajib Dasgupta kepada AFP.

"Namun, baik ketidaksetaraan yang ada maupun keragu-raguan perlu mendapat perhatian lebih dalam untuk membuat itu sukses," tandasnya. (AFP/OL-8)

 

Baca Juga

AFP

Jerman Wajibkan Pelancong Tunjukkan Surat Vaksinasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 00:21 WIB
Jerman kini mewajibkan hasil tes negatif atau bukti kekebalan hanya dari mereka yang datang dari "daerah berisiko", "daerah...
AFP/Manjunath Kiran

Kerala Umumkan Karantina saat Kasus Harian di India Menurun

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Juli 2021, 23:55 WIB
Kerala, dengan kasus aktif mencapai 154.000-an, menyumbang 37,1 persen pada total kasus aktif di...
AFP

Vaksin Raib Saat Penduduk Mulai Antre di Dataran Tinggi Bolivia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Juli 2021, 23:00 WIB
Di dataran tinggi Uru Chipaya, Bolivia, Fausto Lopez mengenakan pakaian terbaiknya. Dia senang karena akhirnya bakal disuntik vaksin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya