Rabu 02 Juni 2021, 11:37 WIB

Jepang akan Beri Tambahan Sumbangan US$800 Juta untuk Covax

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Jepang akan Beri Tambahan Sumbangan US$800 Juta untuk Covax

Behrouz MEHRI and BEHROUZ MEHRI / POOL / AFP
Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga.

 

PERDANA Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga berencana untuk memberikan tambahan bantuan sebesar US$800 juta untuk program Covax Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang menyediakan vaksin covid-19 ke negara-negara yang membutuhkan.

Jepang telah menjanjikan US$200 juta atau Rp2,8 triliun untuk Covax, dan negara itu diperkirakan akan mengumumkan sumbangan dosis vaksin untuk program tersebut, lapor surat kabar Mainichi pada Rabu (2/6) tanpa mengutip sumber.

Suga akan menjadi tuan rumah untuk KTT Covax online pada Rabu, yang juga akan dihadiri oleh Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris, filantropis Bill Gates, serta perwakilan dari negara-negara Kelompok Tujuh.

“KTT ini dimaksudkan untuk mengisi kesenjangan pendanaan US$1,7 miliar, dan diharapkan negara-negara beserta organisasi akan meningkatkan janji mereka tentang dana dan dosis vaksin,” kata seorang pejabat pemerintah Jepang kepada wartawan, Selasa.

Anggota parlemen Jepang telah mendesak untuk memberikan pasokan vaksin AstraZeneca ke Taiwan, yang menghadapi lonjakan infeksi domestik dan telah memvaksinasi kurang dari 2 persen dari 23,5 juta penduduknya.

Jepang tidak memiliki rencana segera untuk menggunakan dosis AstraZeneca yang dimilikinya dan telah mengamankan cukup pasokan vaksin jenis lain untuk seluruh penduduknya. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

Baca Juga

AFP/NICHOLAS KAMM

AS Minta DK PBB untuk Bertemu Bahas Rusia dan Ukraina

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 28 Januari 2022, 13:47 WIB
"Rusia terlibat dalam tindakan destabilisasi lainnya yang ditujukan ke Ukraina, yang merupakan ancaman nyata bagi perdamaian dan...
 Fayez Nureldine / AFP

Indonesia Masuk Kategori Green List Country Qatar

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 13:42 WIB
Pelaku perjalanan asal Indonesia yang telah divaksin Covid-19 bisa lebih leluasa mengunjungi negara Arab...
AFP

Tiongkok Setujui Kunjungan Kepala HAM PBB ke Xinjiang

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 28 Januari 2022, 11:22 WIB
Kunjungan disetujui usai Olimpiade Musim Dingin Beijing berlangsung dengan syarat perjalanan harus bersahabat dan tidak dibingkai sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya