Kamis 27 Mei 2021, 15:53 WIB

Armenia Sebut Enam Tentaranya Ditangkap Azerbaijan di Perbatasan

Nur Aivanni | Internasional
Armenia Sebut Enam Tentaranya Ditangkap Azerbaijan di Perbatasan

Handout / Azerbaijani Presidential Press Office / AFP
Presiden Azerbaijani Ilham Aliyev mengunjungi Military Trophy Park yang pamerkan perlengkapan militer Armenia yang disita di Baku, Armenia.

 

PEMERINTAH Armenia, pada Kamis (27/5), mengatakan bahwa Azerbaijan telah menangkap enam tentaranya, yang terbaru dari serangkaian insiden perbatasan setelah perang tahun lalu atas wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan Armenia mengatakan bahwa pasukannya sedang melakukan pekerjaan teknik di wilayah perbatasan ketika tentara Azerbaijan mengepung dan menangkap enam prajurit.

Namun, militer Azerbaijan menggambarkan tentara Armenia sebagai kelompok pengintaian dan sabotase dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan penahanan tersebut.

Dikatakannya, tentara Armenia mencoba untuk menambang rute pasokan yang mengarah ke posisi tentara Azerbaijan dan dikepung, dinetralkan dan ditawan.

Insiden itu, yang menurut Azerbaijan, terjadi di wilayah Kelbajar di perbatasan antara rival bersejarah itu, merupakan yang terbaru dalam beberapa bulan dan menambah tekanan pada gencatan senjata yang ditengahi oleh Rusia tahun lalu.

Dua negara pecahan Uni Soviet di wilayah Kaukasus bertempur selama enam minggu mulai September 2020 lalu untuk menguasai Nagorno-Karabakh, wilayah etnis Armenia di Azerbaijan yang telah dikuasai oleh separatis selama beberapa dekade.

Sekitar 6.000 orang tewas dalam konflik yang berakhir setelah Moskow menjadi perantara kesepakatan antara Yerevan dan Baku.

Gencatan senjata, yang dipantau oleh sekitar 2.000 penjaga perdamaian Rusia, sebagian besar telah dilaksanakan, tetapi ketegangan terus berlanjut dan ada beberapa insiden perbatasan. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP

Zelensky Umumkan Lyman Bebas dari Serdadu Moskow

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:03 WIB
Perebutan kembali Lyman telah menjadi cerita paling populer di media, kata Zelensky dalam pidato Minggu...
AFP/RICARDO ARDUENGO

Tim Penyelamat Temukan 54 Korban Badai Ian

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 15:50 WIB
Banyaknya ruas jalan yang terendam banjir dan hanyutnya sejumlah jembatan membuat akses menuju beberapa wilayah Florida...
AFP/	SERGEI KARPUKHIN

Putin Minta Kyiv Kembali ke Meja Perundingan

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 03 Oktober 2022, 10:52 WIB
"Masyarakat sudah menentukan pilihan, pilihan tegas ini adalah kehendak jutaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya