Selasa 25 Mei 2021, 22:49 WIB

Maskapai Finlandia Berhenti Melewati Wilayah Udara Belarus

Mediaindonesia.com | Internasional
Maskapai Finlandia Berhenti Melewati Wilayah Udara Belarus

industryeurope.com
Ilustrasi

 

Maskapai penerbangan Finlandia, Finnair, pada Selasa (25/5) mengatakan akan berhenti melewati wilayah udara Belarus setelah negara itu menggunakan pesawat perang untuk mencegat sebuah pesawat Ryanair dan menangkap seorang jurnalis oposisi.

"Keputusan ini hanya mempengaruhi sangat sedikit penerbangan. Penerbangan terakhir (di wilayah udara Belarus) dilakukan pada Minggu (23/5) dan yang berikutnya akan dilakukan pada Rabu (26/5)," kata juru bicara Finnair kepada Reuters.

Dia menambahkan bahwa Finnair membuat keputusan tersebut setelah mendapat rekomendasi dari Badan Transportasi dan Komunikasi Finlandia.

Para pemimpin Uni Eropa (EU) pada Senin (24/5) sepakat untuk memberlakukan lebih banyak sanksi terhadap Belarus, termasuk sanksi ekonomi, atas pendaratan paksa pesawat Irlandia dari maskapai penerbangan Ryanair.

Para pemimpin negara-negara EU meminta maskapai mereka untuk menghindari wilayah udara Belarus dan mengizinkan langkah untuk melarang maskapai-maskapai penerbangan Belarus memasuki langit dan bandara Eropa.

Saat bertemu di Brussels, 27 pemimpin negara blok Eropa itu menuntut pembebasan segera jurnalis oposisi Roman Protasevich, serta penyelidikan oleh Organisasi Internasional untuk Penerbangan Sipil atas insiden yang terjadi pada Minggu (23/5) di mana Belarus memaksa penerbangan Ryanair untuk mendarat di Minsk.

"Kami menutup wilayah udara kami untuk pesawat dari Belarus dan meminta maskapai penerbangan Uni Eropa untuk tidak terbang di atas negara itu," kata kepala eksekutif EU, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen. (Ant/OL-12)

 

Baca Juga

Medcom.id/Annisa Ilustrasi virus korona (covid-19).

Malaysia Deteksi Kasus Pertama Varian Omicron

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:15 WIB
Portal berita Malaysiakini melaporkan, siswa tersebut saat ini dikarantina bersama dengan lima orang lainnya yang berada di bus bersama...
Medcom.id

AS Tidak Yakin akan Kesepakatan Nuklir Iran

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:58 WIB
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett telah menyerukan penghentian pembicaraan, yang dilanjutkan pada hari Senin. Blinken menolak...
Medcom.id

Iran: Kesepakatan Nuklir Tergantung Niat Baik Pihak Barat

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:38 WIB
AS, yang secara sepihak menarik diri dari kesepakatan pada 2018, hanya berpartisipasi dalam pembicaraan secara tidak langsung atas desakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya