Jumat 07 Mei 2021, 10:31 WIB

AS tidak Berencana untuk Tembak Jatuh Roket Tiongkok

Nur Aivanni | Internasional
AS tidak Berencana untuk Tembak Jatuh Roket Tiongkok

AFP
Ilustrasi roket

 

MENTERI Pertahanan Lloyd Austin mengatakan militer AS tidak memiliki rencana untuk menembak jatuh roket Tiongkok yang tidak terkendali yang sekarang meluncur menuju Bumi.

"Kami memiliki kemampuan untuk melakukan banyak hal, tetapi kami tidak memiliki rencana untuk menjatuhkannya saat kami berbicara," kata Austin kepada wartawan.

Pakar Pentagon memperkirakan tubuh roket Long March 5B, yang jatuh dari orbit setelah terpisah dari stasiun luar angkasa Beijing, akan jatuh ke permukaan sekitar hari Sabtu atau Minggu. Namun tepatnya kapan dan di mana itu akan mendarat masih sulit untuk diprediksi.

"Kami berharap itu akan mendarat di tempat yang tidak akan membahayakan siapa pun. Mudah-mudahan di lautan, atau di tempat seperti itu," ujarnya.

Dia mengatakan Tiongkok lalai dalam membiarkan badan roket jatuh dari orbit.

"Saya pikir ini menunjukkan fakta bahwa, bagi kita yang beroperasi di domain luar angkasa, ada persyaratan, atau harus ada persyaratan untuk beroperasi dalam mode yang aman dan bijaksana," ungkapnya.

"Ada kebutuhan untuk memastikan bahwa kami mempertimbangkan hal-hal semacam itu saat kami merencanakan dan melakukan operasi di luar angkasa".(AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP/SHAMIL ZHUMATOV

Rusia akan Terbangkan Miliarder Jepang ke ISS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:15 WIB
Maezawa dan asistennya akan menghabiskan 12 hari di ISS dengan mendokumentasikan petualangan mereka di kanal Youtube milik Maezawa yang...
AFP/Handout / MYANMAR MINISTRY OF INFORMATION

Pengadilan Myanmar akan Jatuhkan Vonis Pertama dalam Persidangan Suu Kyi, Hari Ini

👤Nur Aivanni 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:14 WIB
Jika terbukti bersalah, Suu Kyi dan Presiden Myanmar yang digulingkan Win Myint, masing-masing menghadapi hukuman penjara hingga lima...
AFP/Mahmud Hams.

Israel Bebaskan Tahanan Palestina setelah Akhiri Mogok Makan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:10 WIB
Aksi mogok makan menjadi hal biasa di antara para tahanan Palestina dan telah membantu mengamankan banyak konsesi dari otoritas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya