Senin 03 Mei 2021, 12:52 WIB

Menlu AS Sebut Tiongkok Bertindak Lebih Represif dan Agresif

Nur Aivanni | Internasional
Menlu AS Sebut Tiongkok Bertindak Lebih Represif dan Agresif

Jacquelyn Martin / POOL / AFP
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken.

 

TIONGKOK yang semakin kuat sedang menantang tatanan dunia dengan bertindak lebih represif dan lebih agresif saat meluaskan pengaruhnya.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dalam wawancara yang disiarkan pada Minggu (3/5) waktu setempat.

"Apa yang telah kami saksikan selama beberapa tahun terakhir adalah Tiongkok bertindak lebih represif di dalam negeri dan lebih agresif di luar negeri. Itu adalah fakta," kata Blinken dalam sebuah wawancara dengan "60 Minutes" CBS.

Pernyataannya tersebut muncul setelah Presiden AS Joe Biden dalam pidato pertamanya di depan Kongres pada Rabu (28/5), menggarisbawahi bahwa dia tidak mencari konflik dengan Beijing.

Biden mengatakan bahwa dia mengatakan kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping bahwa dalam persaingan untuk menjadi kekuatan dominan di abad ke-21, pihaknya menyambut baik persaingan tersebut. "Dan bahwa kami tidak mencari konflik," tambah Biden.

Blinken mengatakan Tiongkok adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki kapasitas militer, ekonomi, diplomatik untuk merusak atau menantang tatanan berbasis aturan yang ditetapkan AS dan bertekad untuk dipertahankan.

Ketegangan meningkat tajam dengan Tiongkok selama beberapa tahun terakhir ketika Amerika Serikat juga mempermasalahkan langkah militer Beijing yang tegas dan masalah hak asasi manusia, termasuk apa yang digambarkan Washington sebagai genosida terhadap minoritas Uighur yang sebagian besar Muslim. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

Antara

Keluarga Tahanan Pro-Demokrasi Myanmar Padati Penjara di Yangon

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 17:36 WIB
Sejumlah warga berbondong-bondong mendatangi penjara di wilayah Yangon. Mereka berharap anggota keluarganya yang ditahan junta militer...
DOK Pribadi.

Taiwan Bekerja Sama dengan Dunia Gapai Masa Depan Emisi Nol

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 16:44 WIB
Taiwan telah menetapkan target pengurangan jangka panjang dan merencanakan jalur praktis untuk mencapai emisi nol-bersih...
Antara

Korsel Sebut Korut Tembakkan Rudal Balistik yang Diluncurkan dari Kapal Selam

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 14:02 WIB
"Rudal balistik jarak pendek yang diduga SLBM ditembakkan dari Sinpo ke laut timur semenanjung," kata Kepala Staf Gabungan Seoul...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya