Senin 03 Mei 2021, 09:01 WIB

Angkatan Laut Tiongkok Adakan Latihan di Laut China Selatan

Nur Aivanni | Internasional
Angkatan Laut Tiongkok Adakan Latihan di Laut China Selatan

Foto/CCTV
Gambar dari televisi Tiongkok, CCTV, menunjukan Kapal Induk militer Tiongkok dikerahkan dalam latihan militer Laut China Selatan.

 

TENTARA Pembebasan Rakyat (PLA), pada Minggu (2/5), mengatakan bahwa grup kapal induk Shandong Tiongkok baru-baru ini melakukan latihan rutin di Laut China Selatan. Itu dilakukan setelah Beijing mengkritik AS karena mengirim kapal Angkatan Laut ke kawasan strategis tersebut.

Pekan lalu, Kementerian Pertahanan Tiongkok mendesak AS untuk menahan pasukan garis depannya di udara dan laut dekat Tiongkok. Pesawat pengintai dan kapal perang AS, katanya, telah menjadi lebih aktif di sekitar Tiongkok sejak Presiden Joe Biden menjabat.

Laut China Selatan sangat diperdebatkan karena tetangga Tiongkok yang lebih kecil juga bersaing mengklaim salah satu jalur laut tersibuk di dunia itu, yang diklaim Beijing hampir secara keseluruhan. Tiongkok telah membangun beberapa pulau buatan manusia di perairan yang disengketakan, yang menurut AS sebagai langkah untuk memiliterisasi daerah tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, Juru Bicara Angkatan Laut Tiongkok Gao Xiucheng mengatakan bahwa latihan itu sepenuhnya sah dan bagian dari menjaga kedaulatan nasional, kepentingan keamanan dan pembangunan, serta menjaga perdamaian dan stabilitas regional.

"Kami berharap dunia luar akan melihatnya secara obyektif dan rasional. Ke depan, Angkatan Laut Tiongkok akan terus melakukan latihan serupa sesuai rencana, ”kata Gao. (CNA/Nur/OL-09)

Baca Juga

euractiv.com

Polandia Temukan Tiga Kasus Pertama Varian Covid-19 Asal Brasil

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 22:02 WIB
Otoritas memperketat aturan karantina pada Mei bagi mereka yang tiba dari Brasil, India, dan Afrika Selatan setelah kasus varian COVID-19...
aljazeera.com

Saksi Gambarkan Ngerinya Kecelakaan Kereta Api Metro di Meksiko

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:38 WIB
Kereta api metro itu jatuh ke jalanan yang berada di bawah jalur kereta metro, dan menewaskan 25...
hilip FONG / AFP

Tiongkok Kecam Pernyataan G7 yang Dukung Taiwan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 06 Mei 2021, 19:25 WIB
G7 menganggap Tiongkok bersalah atas pelanggaran hak asasi manusia dan menggunakan pengaruh ekonominya untuk menggertak orang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya