Selasa 20 April 2021, 20:30 WIB

20 Kru Kapal Hilang akibat Badai Topan di Laut Filipina

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
20 Kru Kapal Hilang akibat Badai Topan di Laut Filipina

AFP/RAMMB/CIRA.
Citra satelit RAMMB/CIRA menunjukkan topan Surigae di lepas pantai timur Filipina pada Senin (19/4).

 

SEBANYAK 20 awak kapal hilang di Filipina usai kapal kargo mereka kandas saat mencari perlindungan dari badai topan. Kini pencarian masih terus dilakukan pada Selasa (20/4).

Awak kapal meninggalkan kapal yang sarat dengan bijih nikel pada Senin setelah menabrak pantai di kota Malimono di pulau selatan Mindanao. Delapan belas dari mereka masih dalam rakit penyelamat ketika kontak hilang pada Selasa, menurut juru bicara penjaga pantai Armand Balilo.

Sementara keberadaan dua orang lain tidak diketahui. "Kami melakukan kontak sampai pagi ini saat rakit penyelamat mereka hanyut. Tim pencarian dan penyelamat mengalami kesulitan karena ombak yang besar," kata Balilo, menambahkan pencarian udara juga sedang dilakukan.

"Mereka melaporkan kepada komandan stasiun (penjaga pantai) bahwa dua awak terpisah dari mereka,” lanjutnya. Mereka belum menerima laporan tentang kondisi kapal Cebu Great Ocean yang terdaftar di Filipina, yang membawa 2.000 liter bahan bakar diesel.

Sedikitnya dua orang tewas di Filipina tengah saat Topan Surigae melanda negara itu, memaksa hampir 160.000 orang mencari perlindungan darurat dari banjir dan angin kencang. Surigae diperkirakan tidak akan mendarat, tetapi menghembuskan angin berkelanjutan dengan kecepatan maksimum 175 km/jam di dekat pusatnya, hampir 500 km di lepas pantai timur negara itu.

“Ribuan orang dan ratusan kapal terdampar di pelabuhan,” kata pihak berwenang, saat topan bergerak perlahan ke arah barat laut dari pulau utama Luzon.

Badai diperkirakan akan menjauh dari negara itu dalam beberapa hari mendatang, menurut badan cuaca negara. Filipina dilanda rata-rata 20 badai dan topan setiap tahun, bagian kehidupan yang berbahaya dan mengganggu di negara itu. (Straitstimes/OL-14)

Baca Juga

Prakash SINGH / AFP

Tsunami Kasus dan Kematian Baru Akibat Covid-19 Berlanjut di India

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 06 Mei 2021, 13:41 WIB
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan dalam laporan mingguan, India menjadi menyumbang hampir setengah dari kasus Covid-19 yang...
Foto/Courtesy Youtube

Australia Kecewa dengan Tiongkok yang Bekukan Pembicaraan Ekonomi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 13:16 WIB
Pada Kamis (6/5), Australia bereaksi dan menggambarkan keputusan Tiongkok untuk membekukan pembicaraan perdagangan bilateral reguler...
STR / AFP

AS Lacak Serpihan Roket Tiongkok yang Berpotensi Jatuh ke Bumi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 06 Mei 2021, 12:31 WIB
Benda sepanjang sekitar 30 meter ini diperkirakan akan jatuh kembali ke Bumi pada Sabtu (8/5) mendatang dan menjadi salah satu puing luar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya