Sabtu 20 Maret 2021, 20:34 WIB

Kasus Rasisme di AS, Ini Pengalaman WNI di Kota East Lansing

Nur Aivanni | Internasional
Kasus Rasisme di AS, Ini Pengalaman WNI di Kota East Lansing

FOTO/aminef.or.id
Indri Maulidar, mahasiswa S2 Jurnalistik di Michigan State University, Amerika Serikat.

 

INDRI Maulidar, mahasiswa S2 Jurnalistik di Michigan State University mengutarakan pengalamannya saat mengenyam pendidikan di 'Negeri Paman Sam'.

Ia mengaku mendapat perlakuan yang ramah dari warga AS selama berada di Kota East Lansing, Negara Bagian,Michigan, AS. Kota tersebut disebut sebagai kota pelajar.

"Jadi lebih liberal dibandingkan di kota-kota kecil di Michigan yang lain. Karena aku tinggal di college town, perlakuan orang-orang di sini sebenarnya ramah banget. Karena banyak mahasiswa internasional juga di sini," ceritanya kepada Media Indonesia, Sabtu (20/3).

Diungkapkannya, selama kuliah di sana ia tidak mendapat perlakuan yang berbeda. Namun, sambungnya, semenjak banyak kasus rasisme terhadap Asian-American di negara tersebut, pihak kampus juga memberikan resources untuk mahasiswa yang merasa tidak nyaman atau terancam.

Meski tidak pernah mengalami perlakuan diskriminatif secara langsung, Indi, sapaan akrabnya, mengaku merasa berbeda jika ia tengah berjalan-jalan ke daerah pedesaan di sana.

"Aku mungkin ditatapin karena kampung-kampung di sana itu isinya kulit putih semua. Aku beda sendiri. Tapi cuma sebatas itu aja. Ditatapin pas aku di restoran atau di SPBU. Tapi aku pribadi ngga pernah mengalami perlakuan diskriminatif atau rasis," tandasnya. (Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP

Pakar: Jokowi Bisa Jadi Juru Damai Rusia-Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 30 Juni 2022, 17:47 WIB
Akan tetapi, untuk menghentikan perang antara Rusia dan Ukraina yang sudah berlangsung sejak 24 Februari, dibutuhkan strategi dan energi...
AFP/Menahem Kahana.

Parlemen Israel Bubar, Pemilihan PM Baru Tengah Malam

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 17:45 WIB
Nasionalis agama Bennett mengatakan dia tidak akan menentang pemungutan suara dan mundur dari politik. Ia men-tweet kata Ibrani,...
Markus Schreiber / POOL / AFP

Presiden Jokowi Tiba di Moskow

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 30 Juni 2022, 17:38 WIB
Presiden Joko Widodo beserta rombongan mendarat di Bandara Vnukovo II, Moskow, Rusia, Kamis (30/6) pukul 11.00 waktu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya