Selasa 09 Maret 2021, 16:15 WIB

Vaksin Covid-19 Pfizer Mampu Lawan Varian Brasil

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Vaksin Covid-19 Pfizer Mampu Lawan Varian Brasil

dok.mi
Ilustrasi varian baru virus korona

 

HASIL studi laboratorium yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada Senin (8/3) menunjukkan bahwa vaksin covid-19 Pfizer dan BioNTech mampu menetralkan varian baru virus korona yang menyebar dengan cepat di Brasil.

Darah yang diambil dari orang-orang yang telah diberi vaksin menetralkan versi rekayasa virus yang mengandung mutasi yang sama yang dibawa pada bagian lonjakan varian P.1 yang sangat menular dan pertama kali diidentifikasi di Brasil. Studi ini dilakukan oleh para ilmuwan dari perusahaan dan University of Texas Medical Branch.

Para ilmuwan mengatakan, kemampuan menetralkan secara kasar setara dengan efek vaksin pada versi virus yang kurang menular sebelumnya dari tahun lalu.

Lonjakan yang digunakan oleh virus untuk memasuki sel manusia, adalah target utama banyak vaksin covid-19.

Dalam studi yang diterbitkan sebelumnya, Pfizer telah menemukan bahwa vaksinnya menetralkan varian lain yang lebih menular yang pertama kali diidentifikasi di Inggris dan Afrika Selatan, meskipun varian Afrika Selatan dapat mengurangi antibodi pelindung yang ditimbulkan oleh vaksin.

Pfizer yakin vaksinnya saat ini kemungkinan besar masih mampu melindungi manusia dari varian Afrika Selatan. Namun, produsen obat tersebut berencana untuk menguji dosis penguat ketiga dari vaksin mereka serta versi yang diperlengkapi ulang secara khusus untuk memerangi varian untuk lebih memahami tanggapan kekebalan. (The Guardian/OL-13)

Baca Juga: Cegah Varian Baru Covid, Italia Tangguhkan Penerbangan dari Brasil

Baca Juga

AFP/Jim Watson.

Joe Biden Sampaikan Salam Ramadan untuk Muslim di Seluruh Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 18:03 WIB
Dia mengatakan bahwa pada bulan Ramadan, di mana para umat Muslim menunaikan ibadah puasa, mereka yang memulai berpuasa di AS diingatkan...
AFP/William West.

Selandia Baru Wajibkan Bank Laporkan Dampak Bisnis terhadap Iklim

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 13 April 2021, 17:14 WIB
RUU tersebut, yang telah diperkenalkan ke parlemen negara tersebut, mengharuskan perusahaan keuangan untuk menjelaskan cara mereka...
DAWEI WATCH / AFP

Kendati Libur Thingyan, Demo Anti-Kudeta Militer Myanmar Berlanjut

👤 Nur Aivanni 🕔Selasa 13 April 2021, 16:20 WIB
Kendati libur nasional, para aktivis pro-demokrasi Myanmar berjanji untuk mengadakan serangkaian aksi protes pekan ini untuk terus menekan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya