Senin 08 Maret 2021, 08:48 WIB

Houthi Tembakkan Rudal dan Drone ke Fasilitas Minyak Saudi

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Houthi Tembakkan Rudal dan Drone ke Fasilitas Minyak Saudi

Mohammed HUWAIS / AFP
Para pendukung kelompok Houthi Yaman membawa poster yang mengecam blokade oleh koalisi Saudi di Sanaa, Yaman, Jumat (26/3/202).

 

PEMBERONTAK Houthi Yaman menembakkan drone dan rudal ke jantung industri minyak Arab Saudi pada Minggu (7/3), menyerang fasilitas Aramco Saudi di Ras Tanura. Kerajaan menilai, serangan itu ditujukan untuk merusak keamanan dan stabilitas pasokan energi global.

Mengumumkan serangan itu, Houthi yang didukung Iran juga mengatakan mereka menyerang sasaran militer di Kota Dammam, Asir dan Jazan di Saudi.

Kementerian Energi Saudi mengatakan, tempat penyimpanan minyak di Ras Tanura yang merupakan situs kilang minyak dan fasilitas pemuatan minyak lepas pantai terbesar di dunia, diserang dengan pesawat tak berawak tetapi tidak ada korban atau kerugian properti.

"Salah satu area tangki minyak di Pelabuhan Ras Tanura di Wilayah Timur, salah satu pelabuhan minyak terbesar di dunia, pagi ini diserang oleh pesawat tak berawak, yang datang dari laut," kata kementerian energi Saudi dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Agen Pers resmi Saudi.

Dia menambahkan bahwa pecahan peluru dari rudal balistik jatuh di dekat kompleks perumahan Aramco di Dhahran.

Juru bicara militer kelompokSyiah Houthi, Yahya Sarea mengatakan kelompok itu menembakkan 14 drone dan delapan rudal balistik melintasi perbatasan dengan kerajaan dalam operasi luas di jantung Arab Saudi.

Misi Amerika Serikat di Arab Saudi menyarankan warga AS untuk berhati-hati setelah adanya laporan kemungkinan serangan dan ledakan di daerah Dhahran, Dammam dan Khobar di Provinsi Timur Arab Saudi.

Provinsi ini adalah rumah bagi sebagian besar fasilitas produksi dan ekspor minyak Saudi Aramco.

Juru bicara koalisi pimpinan Saudi yang memerangi Houthi di Yaman mengatakan bahwa Arab Saudi akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi dirinya sendiri, serta untuk memastikan stabilitas pasokan energi dan lalu lintas maritim.

“Serangan terhadap tangki minyak bumi di pelabuhan Ras Tanura dan fasilitas Aramco di Dhahran adalah serangan teroris pengecut,” kata seorang juru bicara kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan di kantor berita negara SPA.

Koalisi tersebut mengatakan sebelumnya pada Minggu (7/3) bahwa pihaknya mencegat 12 drone yang diluncurkan oleh Houthi, termasuk lima yang ditembakkan ke arah kerajaan, dan dua rudal balistik yang ditembakkan ke arah Jazan.

Secara terpisah, koalisi mengatakan pihaknya melakukan serangan udara terhadap sasaran militer Houthi di Sanaa dan wilayah lain dan memperingatkan bahwa warga sipil dan objek sipil di Kerajaan adalah garis merah.

TV Al Masirah yang dikelola Houthi mengatakan pesawat tempur koalisi meluncurkan serangkaian serangan udara di distrik al-Nahda dan Attan di ibu kota, Sanaa.

Houthi, yang telah memerangi koalisi sejak ikut campur dalam perang saudara Yaman pada Maret 2015, baru-baru ini meningkatkan serangan rudal dan drone lintas batas ke Arab Saudi.

Kamis (4/3) lalu, gerakan Houthi mengatakan mereka menembakkan rudal ke pabrik distribusi produk minyak Aramco di kota Jeddah Laut Merah yang telah diserang Houthi pada November 2020, mengenai tangki penyimpanan. Aramco dan otoritas Saudi belum berkomentar tentang klaim hari Kamis tersebut.

Eskalasi terjadi ketika Amerika Serikat dan PBB meningkatkan upaya diplomatik untuk gencatan senjata guna membuka jalan bagi dimulainya kembali pembicaraan politik yang disponsori PBB untuk mengakhiri konflik. (Aiw/Aljazeera/OL-09)

Baca Juga

Ilustrasi

Prancis Luncurkan Satelit Komunikasi Militer Canggih

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 24 Oktober 2021, 19:15 WIB
Satelit dapat mengamati sekelilingnya dan bergerak sendiri untuk menghindari...
AFP/TIMOTHY A. CLARY

Taiwan-AS Bahas Soal Partisipasi Taiwan di PBB

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 24 Oktober 2021, 17:15 WIB
Tiongkok mengatakan bahwa Taiwan adalah salah satu provinsinya, sehingga memiliki hak tunggal untuk mewakili Taiwan secara...
AFP

Utusan AS Desak Korea Utara Hentikan Uji Coba Rudal

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 24 Oktober 2021, 13:38 WIB
Perwakilan khusus AS untuk Korea Utara Sung Kim bertemu dengan mitra selatannya Noh Kyu-duk setelah pertemuan dengan mitra Jepang mereka di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya