Rabu 03 Maret 2021, 05:46 WIB

Negara-Negara Afrika Terima Vaksin Covid-19 dari Covax

Nur Aivanni | Internasional
Negara-Negara Afrika Terima Vaksin Covid-19 dari Covax

Kola Sulaimon / AFP
Vaksin covid-19 batch pertama buatan Oxford/AstraZenica tiba di Bandara internasional Nnamdi Azikwe, Abuja, Nigeria, Selasa (2/3/2021)

 

JUTAAN suntikan virus korona dari skema Covax tiba di Nigeria, Angola dan Republik Demokratik Kongo pada Selasa, ketika negara-negara Afrika meningkatkan peluncuran vaksin mereka. Nigeria, menerima hampir empat juta suntikan. Adapun negara terbesar di sub-Sahara Afrika menurut wilayah, Republik Demokratik Kongo, mendapat 1,7 juta dosis dan Angola menerima lebih dari 600.000 dosis dan Gambia diperkirakan akan menerima sekitar 30.000.

Pekan lalu, Ghana dan Pantai Gading adalah negara Afrika pertama yang menerima vaksin dari Covax, yang bertujuan untuk memasok dua miliar dosis pada akhir tahun ini. Vaksinasi di negara-negara kaya meningkat pesat, sementara banyak negara miskin masih menunggu pengiriman vaksin mereka. Itu kemudian mendorong Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memperingatkan bahwa krisis tidak dapat berakhir kecuali setiap orang dapat menginokulasi populasi mereka.

Namun, masih ada rintangan kritis bagi negara-negara Afrika seperti Nigeria dan Kongo, dengan infrastruktur yang kurang lengkap dan serangkaian tantangan keamanan.

"Negara-negara yang tidak memiliki bandara fungsional, vaksin mereka akan diangkut melalui jalan darat menggunakan van yang dilengkapi kabin dingin, dari bandara terdekat," kata Direktur Badan Perawatan Kesehatan Utama Nigeria Faisal Shuaib.

baca juga: Irak Terima Vaksin Perdana dari Tiongkok

Dia menyebut pengiriman vaksin tersebut sebagai hari yang baik untuk Nigeria dan berjanji peluncuran vaksinasi akan dimulai pada Jumat dengan petugas kesehatan yang berada di garis depan menjadi yang pertama diinokulasi. (AFP/OL-3)

Baca Juga

medcom.id

Topan Hancurkan Rumah & Putus Aliran Listrik di Australia Barat

👤Nur Aivanni 🕔Senin 12 April 2021, 12:31 WIB
Topan tropis Seroja diturunkan peringkatnya setelah menghantam ke sistem kategori dua dan diperkirakan akan terus melemah sepanjang...
AFP/	ALEXANDER DRAGO

Menlu AS Peringatkan Tiongkok yang Semakin Agresif terhadap Taiwan

👤Nur Aivanni 🕔Senin 12 April 2021, 12:04 WIB
"Yang bisa saya katakan adalah kami memiliki komitmen serius agar Taiwan dapat mempertahankan diri. Kami memiliki komitmen serius...
AFP/RESIDENCIA VENEZUELA

Maduro : Venezuela Akan Produksi Vaksin Covid-19 Buatan Kuba

👤Nur Aivanni 🕔Senin 12 April 2021, 11:01 WIB
Presiden Venezuela Nicolas Maduro berharap negaranya dapat memproduksi dua juta dosis vaksin virus korona Abdala  per bulan yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya