Selasa 02 Maret 2021, 18:30 WIB

PM Singapura Minta Militer Myanmar Bebaskan Suu Kyi

Mediaindonesia.com | Internasional
PM Singapura Minta Militer Myanmar Bebaskan Suu Kyi

Stan HONDA / AFP
Aung San Suu Kyi.

 

Perdana Menteri Singapura pada Selasa meminta militer Myanmar untuk membebaskan pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi untuk memungkinkan negara itu bergerak maju dan mengatakan sanksi akan merugikan rakyat daripada militer.

Dalam transkrip wawancara dengan BBC, Lee Hsien Loong mengatakan militer akan belajar dari masa lalu bahwa demi kepentingan negaralah bagi militer untuk menyusun pengaturan dengan pemerintah sipil terpilih, karena cara militer tidak akan menuju ke mana pun.

Sebelumnya, para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) bersiap untuk pertemuan khusus guna membahas situasi di Myanmar, dalam upaya memadamkan kekerasan yang mematikan dan membuka saluran untuk mengatasi krisis politik yang meningkat.

Pembicaraan itu akan dilakukan dua hari setelah kerusuhan paling berdarah sejak militer menggulingkan pemerintahan terpilih yang dipimpin Aung San Suu Kyi sebulan lalu, hingga menimbulkan kemarahan dan unjuk rasa massal di seluruh Myanmar.

Menlu Singapura Vivian Balakrishnan mengatakan dia akan berterus terang dalam pertemuan yang berlangsung virtual pada Selasa, dan akan memberi tahu perwakilan militer Myanmar bahwa ASEAN sangat kecewa dengan kekerasan tersebut.

Dalam wawancara televisi Senin malam (1/3), dia mengatakan ASEAN akan mendorong dialog antara Suu Kyi dan junta. "Ada kepemimpinan politik dan ada kepemimpinan militer, di pihak lain. Mereka perlu bicara, dan kami perlu membantu menyatukan mereka," kata Balakrishnan. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Handout / FACEBOOK / AFP

Aktivis Anti-Kudeta Militer Myanmar Gelar Protes 'Berdarah'

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 14 April 2021, 15:30 WIB
Aktivis pro-demokrasi menyerukan serangan cat berdarah dan masyarakat menanggapinya dengan memercikkan noda merah di jalan, pada tanda di...
AFP

Kasus Covid-19 Melonjak, Turki Berlakukan Lockdown Sebagian

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 14 April 2021, 13:23 WIB
Presiden Turki Tayyip Erdogan mengumumkan pengetatan pembatasan untuk mengekang peningkatan kasus Covid-19 selama dua minggu...
AFP/AL AS.

Pemerintah AS akan Lanjutkan Penjualan Senjata ke UEA

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 14 April 2021, 13:22 WIB
Sebelumnya, Pemerintah AS menghentikan sementara kesepakatan yang disetujui oleh mantan Presiden Donald Trump untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya