Sabtu 27 Februari 2021, 06:45 WIB

AS Jatuhkan Sanksi pada Unit Elite Saudi atas Pembunuhan Khashoggi

Nur Aivanni | Internasional
AS Jatuhkan Sanksi pada Unit Elite Saudi atas Pembunuhan Khashoggi

Yasin AKGUL / AFP
Ilustrasi - Flyer Pembunuhan Khashoggi

 

AMERIKA Serikat, pada Jumat, menjatuhkan sanksi pada unit elite Saudi serta mantan pejabat intelijen atas peran mereka dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Departemen Keuangan AS mengatakan pihaknya akan memblokir aset dan mengkriminalisasi transaksi dengan Pasukan Intervensi Cepat, yang menurut laporan intelijen yang tidak diklasifikasikan mengatakan bertanggung jawab kepada Putra Mahkota Mohammed bin Salman, serta mantan pejabat intelijen Ahmad al-Assiri.

Baca juga: Intelijen AS: Putra Mahkota Saudi Setujui Pembunuhan Khashoggi

"Mereka yang terlibat dalam pembunuhan yang mengerikan terhadap Jamal Khashoggi harus dimintai pertanggungjawaban," kata Menteri Keuangan Janet Yellen dalam sebuah pernyataan.

"Amerika Serikat bersatu dengan jurnalis dan pembangkang politik dalam menentang ancaman kekerasan dan intimidasi," katanya.

Presiden AS Joe Biden mendeklasifikasi laporan intelijen yang menemukan bahwa Putra Mahkota Mohammed memerintahkan pembunuhan Khashoggi pada 2018 di konsulat Saudi di Istanbul.

Laporan itu mengatakan bahwa tujuh dari 15 anggota regu pembunuh adalah Pasukan Intelijen Cepat. Assiri, bagian dari lingkaran dalam putra mahkota, dibebaskan dalam persidangan tertutup di Arab Saudi yang dikritik tajam oleh kelompok hak asasi manusia. (AFP/OL-6)

Baca Juga

AFp/ANDREW CABALLERO-REYNOLDS

Eropa Catat Lebih dari Satu Juta Kematian Akibat Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 13 April 2021, 08:15 WIB
Prancis, Italia, dan Rusia sementara itu menghadapi gelombang ketiga infeksi virus korona dan memvaksinasi populasi mereka dengan lebih...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Rusia Ancam Paksa Navalny Makan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 13 April 2021, 08:09 WIB
Tokoh oposisi berusia 44 tahun itu kini hanya memiliki berat badan 77 kilogram, turun dari 85 kilogram ketika dia mulai melakukan mogok...
AFP

Dampak Korona, Rusia Tangguhkan Penerbangan ke Turki dan Tanzania

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 13 April 2021, 08:07 WIB
Wakil Perdana Menteri bidang Kesehatan Tatiana Golikova mengatakan penangguhan penerbangan berlangsung dari 15 April hingga 1 Juni...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya