Minggu 21 Februari 2021, 13:24 WIB

Kasus Covid-19 Melonjak, Peru Alami Kekurangan Oksigen Medis

Nur Aivanni | Internasional
Kasus Covid-19 Melonjak, Peru Alami Kekurangan Oksigen Medis

AFP
Warga Peru mengantre untuk mendapatkan oksigen medis

 

RATUSAN warga Peru menunggu dalam antrean panjang, Sabtu (20/2) untuk mendapatkan oksigen medis untuk orang yang dicintai yang terkena covid-19.

Di San Juan de Lurigancho, daerah yang sebagian besar miskin di timur laut ibu kota, lebih dari 200 orang menunggu di depan pabrik baru yang dibuka oleh paroki San Marcos dan kotamadya Lima, yang menyediakan oksigen medis gratis.

Orang-orang harus menunjukkan perintah medis dan fotokopi dokumen identitas pasien. Ada pengawasan ketat oleh polisi di pabrik tersebut, seperti di hampir semua tempat penjualan oksigen medis di seluruh negeri.

Orang pertama yang mengantre tiba pada Jumat sore, dengan tidur di jalan. Pada saat yang sama, televisi lokal menayangkan antrean lebih dari 70 kendaraan - termasuk mobil, van, truk, minibus, dan ojek - di pinggir jalan raya di kota pelabuhan Pisco, yang tengah menunggu untuk membeli oksigen.

Menurut pemerintah, permintaan oksigen medis tumbuh 200 persen di Peru dengan gelombang kedua covid-19, yang menyebabkan infeksi dan kematian empat kali lipat dibandingkan dengan tingkat pada Desember.

Di luar perusahaan Criogas di Callao, orang-orang antre hingga empat hari untuk mengisi ulang. Pemilik perusahaan Jose Luis Barsallo telah menetapkan kontrol penjualan yang ketat untuk menghentikan pengecer.

Dengan 33 juta penduduk, Peru memiliki sekitar 1,3 juta kasus covid-19 yang dikonfirmasi dan 44.690 kematian, menurut data resmi.

Sementara itu, pemerintah telah diguncang oleh tuduhan terhadap sekitar 500 pejabat pemerintah - termasuk mantan presiden Martin Vizcarra dan menteri - yang dituduh divaksinasi sebelum giliran mereka. (AFP/OL-8)

 

Baca Juga

Dok Asianet.it

Bangladesh Buka Sekolah Kembali Mulai 30 Maret 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 Februari 2021, 23:47 WIB
Pemerintah menginstruksikan penutupan lembaga pendidikan nasional sejak 17 Maret tahun lalu sebagai bagian dari upaya menghentikan...
Dok dw.com

Sumbangan Vaksin Romania Diberangkatkan ke Moldova

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 Februari 2021, 23:04 WIB
Pada Desember 2020, Presiden Romania Klaus Iohannis mengatakan Bucharest akan menyumbangkan 200.000 dosis vaksin untuk Moldova, sebagai...
AFP/YE AUNG THU

Polisi Myanmar Tewaskan Seorang Demonstran

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 28 Februari 2021, 22:59 WIB
Polisi dan juru bicara dewan militer yang berkuasa tidak menanggapi permintaan komentar melalui panggilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya